Polres Pangkalpinang Sita Puluhan Botol Arak, Pengolah Sebut Produksi untuk Obat Ibu Melahirkan

Menurut Anyuk pengolah arak, dirinya memproduksi minuman keras itu untuk obat bagi ibu melahirkan.

Polres Pangkalpinang Sita Puluhan Botol Arak, Pengolah Sebut Produksi untuk Obat Ibu Melahirkan
Bangkapos/irakurniati
Polres Pangkalpinang menggerebek rumah produksi arak milik Triwanto alias Anyuk di Kelurahan Girimaya, Selasa (4/12/2018) 

BANGKAPOS.COM  - Puluhan botol minuman keras jenis arak disita tim gabungan Polres Pangkalpinang, dari rumah produksi dan penjual yang berada di wilayah Pangkalpinang. Arak ini didapatkan saat penggerebekan di tiga lokasi, Senin (4/12/2018)

Kepala satuan sabhara Polres Pangkalpinang, AKP Nicodemus Brahmana, menuturkan, tiga lokasi yang didatangi tim gabungan dari Sabhara dan Intelkam, dibawah koordinasi Wakapolres Pangkalpinang, diantaranya di Kelurahan Bintang, Girimaya dan Keramat.

Bermula saat tim menelusuri kediaman Asiong (53), yang merupakan penjual minuman keras di Kelurahan keramat. Kemudian polisi mendatangi Asan (71), yang juga merupakan penjual arak di kawasan Bintang. Berselang dari itu, tim gabungan menyisir ke rumah Triwanto alias Anyuk, yang melakukan produksi arak di belakang rumahnya, di Jalan Darmasinga, Kelurahan Girimaya, Kecamatan Bukit Intan.

"Akan terus kami upaya lakukan pengembangan. Mungkin ada beberapa di wilayah Pangkalpinang yang kita dapat informasi. Kedepan akan dirutinkan razia di gudang tempat penyimpanan, apakah mereka mempunyai izin edar, penjualan atau izin olah, semuanya akan kita cek." kata AKP Nicodemus, mewakili Kapolres Pangkalpinang, AKBP Iman Risdiono Septana, Selasa (4/12/2018).

Sementara ketiga orang tersebut, diamankan di Mapolres Pangkalpinang untuk penyidikan lebih lanjut. Menurut Anyuk, pengolah arak, dirinya memproduksi minuman keras itu untuk obat bagi ibu melahirkan. Arak merah diklaimnya dapat menghilangkan nyeri usai melahirkan, dengan cara dicampur pada masakan dan dikonsumsi selama sebulan.

Polisi pun mengamankan puluhan botol arak dari tangan ketiga orang tersebut yakni 37 botol kecil arak putih, lima botol arak besar, satu botol arak yang dikemas dalam botol kaca kontru, diamankan dari tangan Asan dan Asiong.

Sedangkan dari Anyuk, polisi menyita satu botol kecil arak siap pakai, dua drum arak merah yang audah diolah dan siap diedar, alat pengolah dan limbah bekas olahan tersebut.

"Ketiganya masih diamankan, dan masih kami dalami untuk kasus ini." ujar AKP Nico.

Penulis: Ira Kurniati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved