Bupati Minta Kades Kembangkan Potensi Desa Agar Jadi Sumber Pendapatan Baru

Bupati Bangka Mulkan menginginkan aparatur desa bisa mengembangkan potensi yang dimiliki desa agar menjadi icon dan sumber pendapatan untuk warga

Bupati Minta Kades Kembangkan Potensi Desa Agar Jadi Sumber Pendapatan Baru
Bangka Pos / Nurhayati
Bupati Bangka Mulkan saat menyerahkan nominasi kalpataru bagi masyarakat Desa Dalil saat peringatan hari menanam pohon, Sabtu (7/12/2018) di Bukit Pret Desa Tiang Tara. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Bupati Bangka Mulkan menginginkan aparatur desa bisa mengembangkan potensi yang dimiliki desa agar menjadi icon dan sumber pendapatan untuk warga desa setempat.

Ia mencontohkan, di Desa Dalil yang bisa mengelola Hutan Rimbe Mambang jadi hutan wisata dan Desa Tiang Tara yang mengelola Bukit Pret jadi kawasan wisata dan konservasi.

"Kami juga akan membuat geopark-geopark untuk kawasan hutan kita. Hutan ini akan menjadikan pendorong wisata kita ke depan," kata Mulkan saat peringatan hari menanam pohon, Sabtu (7/12/2018) di Bukit Pret Desa Tiang Tara.

Untuk itu Pemkab Bangka akan membangun fasilitas di seputaran lereng agar bisa terjangkau ke daerah geopark.

Dia berharap para para kepala desa yang dibimbing camat bisa menjadikan hutan-hutan desa menjadi Hutan Konservasi Nasional (HKN) sehingga bisa dijaga.

"Kalau diserahkan kepada kepala desa kewalahan menjaganya tetapi kalau diserahkan kepada kelompok masyarakat dalam mengelola kawasan hutan akan berkembang," saran Mulkan.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved