Menteri Koperasi dan UKM ISCB Harus Bentuk UKM Berorientasi Ekspor

Ini membuka peluang untuk go Internasional, karena pusatnya di Washington diikuti 85 negara

Menteri Koperasi dan UKM ISCB Harus Bentuk UKM Berorientasi Ekspor
Bangka Pos/Krisyanidayati
Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga usai pelantikan ICSB di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Minggu (9/12/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menteri Koperasi dan UKM, Puspayoga menyebutkan hadirnya International Council For Small Business (ICSB) membuka peluang UKM Babel untuk Go Internasional.

"Ini membuka peluang untuk go Internasional, karena pusatnya di Washington diikuti 85 negara.

Kehadiran ISCB tidak perlu bersaing dengan asosiasi UMKM lainnya," katanya saat pelantikan ICSB di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Minggu (9/12/2018).

Ia menyebutkan, kementerian koperasi dan UKM telah bekerjasama dengan beberapa kementerian terkait seperti Kemenkeu khususnya imigrasi, kementerian perindustrian dan perdagangan

"Dengan kementrian perindustrian kemudahan impor tujuan ekspor, kalau dulu bayar sekarang dimudahkan, kemudian dikelola, ini sudah ada program yang ditindaklanjuti saja.

Artinya tidak hanya impor yang orientasi ekspor harus digarap. Pariwisata tidak bisa lepas UMKM, hasil kerajinan, kuliner, handycraft. Saya contohkam di Bali enggak dibentuk secara instan yang ratusan tahun lalu oleh para raja kita," tambahnya.

Ia berharap, hadirnya lembaga ini
mampu membentuk pengusaha yaang berorientasi ekspor.

"Saya minta ibu Gubernur agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya silahkan braindstorming, peralihan dati tambang ke pariwisata ini memang tidak mudah, tapi bagaimana mengubah mindset," ujarnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved