Video : Melati Erzaldi Produk UKM Babel Harus Penetrasi Pasar Internasional

ICSB merupakan wadah bagi UMKM Babel yang nantinya akan melakukan penetrasi pasar ke tingkat

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Melati Erzaldi dikukuhkan menjadi koordinator wilayah International Council For Small Business (ICSB) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun, di Gedung Mahligai Rumah Dinas, Minggu (9/12/2018).

Melati bersama pengurus lainnya dilantik langsung oleh President Asia Council For Small Bussiness (ACSB) sekaligus Founder dan Chairman ICSB Indonesia, Hermawan Kertajaya yang disaksikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga dan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman.

ICSB merupakan wadah bagi UMKM Babel yang nantinya akan melakukan penetrasi pasar ke tingkat Internasional. Tidak hanya dari sisi pemasaran tapi juga transfer ilmu bagi UMKM.

"ISCB menjadi wadah untuk menjadi police maker mendorong UMKM kita untuk menghasilkan produk berorientasi ekspor," kata Melati Erzaldi usai dilantik.

Kedepan, katanya pihaknya akan terus mendorong, koordinasi, dan berdiskusi kepada berbagai pihak agar pelaku UMKM di Babel bisa penetrasi pasar hingga ke internasional.

"Potensi produk UMKM kita untuk bisa penetrasi pasar ke luar negeri itu besar, tapi ini memang perlu ada pembinaan lagi," ujarnya.

Selain itu, ISCB juga harus mendorong pelaku UMKM di Babel yang belum berorientasi ekspor untuk lebih gencar mengembangkan produk dalam berbagai hal.

"UMKM tadi enggak punya orientasi ekspor, ini yang harus kita dorong atau misalnya yang bahah bakunya masih impor ini kita coba tembus agar mereka tidak sulit lagi dapat bahan baku," ujarnya.

Melati mencontohkan beberapa produk Babel yang berpotensi ekspor seperti cual dan rajutan.

"Kita mau UMKM kita bisa penetrasi pasar ke tingkat Internasional, potensi kita banyak yang bisa menembus ini.

Rajutan ini salah satu contohnya, bahan bakunya ini kan transit dari Malaysia ke Jakarta, bagaimana kita memudahkan ini," ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama juga dikukuhkan ISCB tingkat kabupaten/kota Se Babel.(BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved