Cegah Banjir di Jalan Depan Kantor Bupati Bangka, Dinas PUPRP Akan Bangun Penahan Air

Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DINPUPRP) Kabupaten Bangka akan menyiapkan sarana penahan air dari atas kawasan Bukit Betung

Cegah Banjir di Jalan Depan Kantor Bupati Bangka, Dinas PUPRP Akan Bangun Penahan Air
dok BPBD Kepulauan Bangka Belitung
Banjir merendam kawasan perkantoran dan jalan di Kota Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung, Sabtu (8/12/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Pemerintah Kabupaten Bangka melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DINPUPRP) Kabupaten Bangka akan menyiapkan sarana penahan air dari atas kawasan Bukit Betung.

Upaya tersebut dilakukan Dinas PUPRP Kabupaten Bangka guna mencegah terjadinya luapan pada saluran air di daerah lingkungan perkantoran Pemkab Bangka.

"Kami ada program terkait hal ini bagaimana menyiapkan sarana untuk menahan air dari atas sehingga aliran air tidak mengalir secara langsung namun dapat di filter. Jadi air mengalir kebawah tidak langsung dengan volume yang besar," jelas Aristian selaku Kepala Bidang (Kabid) Pengairan, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (DINPUPRP) Kabupaten Bangka melalui rilis yang disampaikan pihak Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Bangka, Senin (9/12/2018) kepada bangkapos.com.

Selain itu, pihaknya akan melakukan pengalian pada hilir saluran air yakni di Kawasan Jelitik yang telah terjadi sedimentasi.

Pengalian dilakukan agar dapat menampung air lebih maksimal sehingga tidak terjadi lagi luapan dari saluran air.

Dia menjelaskan, penyebab terjadinya luapan air sehingga mengenangi jalan Ahmad Yani mulai dari depan Kantor Balai Benih Ikan (BBI) hingga ke depan Kantor Bupati Bangka, karena telah terjadinya sedimentasi pada daerah hilir yaitu di Daerah Jelitik dan air yang masuk dari kawasan Bukit Betung mengalir deras sehingga mengakibatkan air keluar dari saluran.

Untuk itu dirinya berharap agar luapan air dapat dicegah dengan dilakukannya penggalian pada daerah hilir dan memasang sarana penahan air pada hulu saluran air.

"Harapan kami melalui penggalian pada daerah hilir dan memasang sarana penahan air pada hulu saluran air dapat mencegah luapan air dikemudian hari," harap Aristian.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved