Tahun Depan Kelurahan di Babel Dapat Kucuran Dana Kelurahan Rp 200-300 Juta

Adapun Alokasi dana kelurahan ke kabupaten/kota yakni Pangkalpinang sebesar Rp 15, 6 miliar, Bangka

Tahun Depan Kelurahan di Babel Dapat Kucuran Dana Kelurahan Rp 200-300 Juta
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Bangka Belitung (Babel), Supendi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Seluruh Kelurahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai tahun 2019 mendatang akan mendapatkan dana kelurahan dengan kisaran Rp 200-300 juta per kelurahan.

Pemerintah Pusat menyalurkan dana kelurahan ke Babel sebesar Rp 30 miliar untuk tahun 2019 yang akan dibagikan kepada seluruh kabupaten/kota yang memiliki kelurahan.

Adapun Alokasi dana kelurahan ke kabupaten/kota yakni Pangkalpinang sebesar Rp 15, 6 miliar, Bangka Rp 6,7 miliar, Bangka Barat Rp 1,4 miliar, Bangka Tengah Rp 2,6 miliar, Bangka Selatan Rp 1, 1 miliar, dan Belitung Rp 2,6 miliar.

"Total dana kelurahan yang disalurkan APBN tahun 2019 totalnya Rp 30 miliar," kata Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan (DJPb) Bangka Belitung (Babel), Supendi usai Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Dana Transfer Daerah Tahun Anggaran 2019, di ruang rapat Pasir Padi, Kamis (13/12/2018).

Supendi menjelaskan dana kelurahan ini diperuntukkan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di kelurahan, pasalnya untuk sarana dan prasarana dinilai sudah lebih lengkap dibandingkan desa.

"Dana kelurahan dalam bentuk DAU tambahan, tanpa mengurangi pagu DAU aslinya. Supaya kelurahan terpacu untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakatnya," ujarnya.

Ia menyampaikan dana kelurahan ini berbeda dengan dana desa dari sisi pencairan.

"Prosesnya tidak seperti dana desa yang langsung ke desa, tapi melalui Bakuda masing-masing kabupaten/kota," jelasnya.

Menurutnya, setiap kelurahan akan mendapatkan nominal yang berbeda. Hal ini tergantung kriteria kelurahan yang telah ditetapkan.

"Penentuan besaran ada kriterianya ada kelurahan maju, kelurahan berkembang dengan kisarannya anatar 200-300 juta/kelurahan tapi ini tergantung tipe kelurahannya," ujar Supendi.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved