KPUD Bangka Tengah Sosialisasikan Hak Pilih Kepada Pemilih Disabilitas

Sulitnya untuk menyampikan hal ini kepada penderita disabilitas, namun mereka akan bersama pendamping yang mengerti untuk menyampaikan itu.

KPUD Bangka Tengah Sosialisasikan Hak Pilih Kepada Pemilih Disabilitas
IST
62 Koli Surat Suara untuk kabupaten Bangka Tengah saat sampai di KPUD Bateng 

BANGKAPOS.COM -- KPUD Bangka Tengah akan terus melakukan sosialisasi untuk pemilih disabilitas di wilayah Bangka Tengah.

Pihak KPUD mengetahui, bahwa sulitnya untuk menyampikan hal ini kepada penderita disabilitas, namun mereka akan bersama pendamping yang mengerti untuk menyampaikan itu.

Komisioner Divisi Perencanaan, Data Informasi dan Teknis KPUD Bangka Tengah Marhaendra Yuliansyah, mengatakan mereka akan mendatangi Sekolah Luar Biasa untuk mensosialisasikan hal tersebut.

"Kita akan sampaikan memang ada kesulitan kita berikan formulir C3 atau untuk pendamping pemilih, di peroleh di KPPS, fungsinya artinya nanti sebagai pendamping itu bisa membantu pemilih tersebut, apabila kesulitan dalam melaksanakan hak pilihnya,"jelas Marhaendra kepada wartawan, Senin (17/12/2018)

Ia menambahkan, langkah KPU ini untuk membantu serta memfasilitasi, penderita tuna netra dan tuna lainya dalam menyampaikan hak pilihnya dalam pemilu nanti.

"Tidak ada perbedaan, cuman ada perlakukan khusus dan perlu pendamping bila memang di butuhkan, kita melaksanakan sosialisasi ke sekolah luar biasa (SLB),"lanjutnya

Selain itu, Marhaendra juga mengatakan pada pemilihan nanti akan ada TPS di Rumah sakit jiwa, dokter yang ada akan menyampaikan mana pasien yang mengerti serta bisa melakukan pencoblosan.

"Pengertian disabilitas bukan seperti, gila yang ada di jalan jalan, tetapi yang sudah di daftarkan, kita tidak tahu nanti dia misalnya sudah sehat dan bisa mencoblos, jangan sampai kita menghilangkan hak pilih mereka,"lanjutnya

"Nanti ada TPS di rumah sakit jiwa (RSJ), TPSnya khusus dan ada pendampingan berdasarkan rekim dari dokter, kuta telah berkewajiban mendaftarakan orang disabilitas jangan sampai kehilangan hak pilihnya, sarana dan prasarana mereka kita yang lengkapi di TPS,"jelasnya

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved