Erzaldi Dorong Industri Hilirisasi Timah, Ini Tujuannya

Sejak zaman dulu timah hanya bermetamorfosa dari pasir ke ingot balok, tak pernah dari ingot jadi handphone

Erzaldi Dorong Industri Hilirisasi Timah, Ini Tujuannya
Bangka Pos/Krisyanidayati
Gubernur Babel Erzaldi Rosman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, mendorong perusahaan tambang di Babel untuk membangun pabrik hilirisasi timah sehingga tidak lagi mengekspor timah batangan.

Ia berharap, adanya industri hilirasasi timah di Babel akan memberikan dampak pada ekonomi, barang yang dihasilkan juga memiliki nilai tambah dan daya saing.

Menurutnya, dari sejak zaman dahulu sampai sekarang, ekspor timah Babel hanya berupa timah batangan saja.

"Pengusaha timah jangan lagi berpikir menjadi smelter yang canggih tapi menjadikan timah ingot itu menjadi industri hilir, punya nilai tambah dan daya saing tinggi.

Kita bisa meningkatkan nilai tambah yang kita enggak perlu ekspor batangan," katanya saat menjadi keynote speaker dalam Babel CEO Forum yang digelar PLN Unit Induk Wilayah Babel, di Novotel, Selasa (18/12).

Dengan berdirinya pabrik hilirisasi di Babel, menurutnya tidak hanya meningkatkan nilai tambah timah tapi juga akan menyerap tenaga kerja.

"Sejak zaman dulu timah hanya bermetamorfosa dari pasir ke ingot balok, tak pernah dari ingot jadi handphone, jadi solder, kalau kita mau berdaya saing tinggi, mutlak harus berpikir menjadikan hilirasi pertimahan, harus bicara ada pabrik solder di Babel, perangkat hp dan ada pabrik industri sekalipun barang jadi," tambahnya.

Kedepan, menurutnya pemerintah mengatur keluarnya mineral ikutan di Babel, diantaranya 13 mineral ikutan yang selama ini kerap diselundupkan.

"Padahal itu nilainya tinggi, tapi apa daya kita enggak pernah mulai, dengan didukung energi kita harus mulai, selama ini orang lain yang mengelola, Zircon nantinya diekspor tapi saya mau koefisien 65,5 kandungannya," tegasnya.

Hadirnya para CEO pada forum ini, Ia mendorong agar dapat dihasilkan kebijakan untuk membangun pabrik hilirisasi di Babel.

Halaman
12
Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved