Disabilitas Perlu Diberikan Kesempatan Untuk Berkarya

Bukan hanya pemerintah pusat dan provinsi tapi stakeholder, masyarakat juga harus memperhatikan disabilitas

Disabilitas Perlu Diberikan Kesempatan Untuk Berkarya
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik seta Babel, Syaharudin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik seta Babel, Syahrudin mengatakan perhatian dan dukungan kepada para disabilitas tidak hanya menjadi tugas pemerintah.

Ia mengajak semua pihak, untuk berkontribusi memberikan kesempatan dan ruang bagi para penyandang disabilitas untuk berkarya.

"Bukan hanya pemerintah pusat dan provinsi tapi stakeholder, masyarakat juga harus memperhatikan disabilitas terutama fasilitas umum bagi mereka seperti jalan, toilet, dan tempat umum lainnya, hotel juga salah satunya," katanya usai menghadiri acara peringatan Disabilitas Internasional di SLBN Pangkalpinang, Rabu (19/12/2018).

Ia menyebutkan, beberapa perhatian yang diberikan pemerintah diantaranya ialah tersedianya formasi pegawai bagi disabilitas, kesempatan bagi disabilitas untuk memperoleh pendidikan, dan kesempatan bagi disabilitas untuk berkarya.

"Kalau taman bermain, di sekolah, di Kantor Gubernur juga sudah ada akses untuk disabilitas tapi ini memang perlu ditingkatkan," ujarnya.

Menurutnya, kedepan Disabilitas harus mendapatkan kesempatan yang sama, pasalnya banyak disabilitas yang berprestasi dan mandiri.

"Mereka perlu diberikan kesempatan yang sama karena bagian dari anak bangsa, merkea bukan untuk dikasihani tapi mereka harus diberikan kesempatan, misalnya mereka bisa dapat pekerjaan karena kemampuan mereka dan mereka berprestasi," kata Syahrudin.

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved