Warga Dua Kelurahan Ini Deklarasikan Tidak Buang Kotorannya Sembarangan

Untuk membuktikannya mereka langsung mendeklarasikan diri, dan siap menerima sanksi jika kedapatan

Warga Dua Kelurahan Ini Deklarasikan Tidak Buang Kotorannya Sembarangan
Bangkapos/Nordin
kelapa Puskesmas Muntok Arsul Sani Sulaiman, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Warga Kelurahan Sungai Baru dan Sungai Daeng, Kecamatan Muntok, kini sudah terbebas dari buang kotorannya secara sembarangan.

Untuk membuktikannya mereka langsung mendeklarasikan diri, dan siap menerima sanksi jika kedapatan membuang kotorannya secara sembarangan.

"Kami sudah dialog dengan temen-temen, itu sanksinya adalah sanksi sosial, mungkin seperti mereka membersihkan lingkungan dalam waktu yang ditetapkan," ungkap kelapa Puskesmas Muntok Arsul Sani Sulaiman.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Achmad Saifuddin menyebutkan, persoalan buang air besar ini perlu menjadi perhatian.

Karena menyebabkan penyebaran penyakit dari persoalan lingkungan.

Salah satu contoh dari persoalan jika membuang air besar sembarangang adalah stunting, ini merupakan masalah yang belum sepenuhnya bisa diatasi.

"  Salah satu contoh terkait dengan Open Defecation Free (ODF) atau masalah buang air besar sembarangan ini adalah persoalan stunting,

ini terkait dengan ODF kita yang belum teratasi, Kalau kita ingin menuju daerah zero stanting, zero gizi buruk maka ODF ini harus bisa teratasi," sebut Achmad (Bangkapos/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved