Di Desa ini Ada 4 Bukit Penuh Durian, Pohonnya Warisan Turun Temurun

Dari pengetahuannya ada sekitar empat bukit dengan luas lahan puluhan hektar ditumbuhi batang durian, semuanya

Di Desa ini Ada 4 Bukit Penuh Durian, Pohonnya Warisan Turun Temurun
Bangkapos/Nurdin
Apian (45), (Baju biru), bersama rekannya menunjukan buah durian yang ada di kebunnya, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Salah seorang Warga Desa Pangek, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat Apian (45), menyebutkan pohon durian yang tumbuh di kebun-kebun milik warga desanya tersebut merupakan warisan.

Dari pengetahuannya ada sekitar empat bukit dengan luas lahan puluhan hektar ditumbuhi batang durian, semuanya ditanam oleh generasi sebelumnya.

" Kebun-kebun durian ini saya kurang tahu jumlah hektarnya, tapi ada empat bukit, kalau jumlah batangnya ribuan," sebut Apian yang merupakan ketua Linmas di desanya.

Baca: Durian di Desa Ini Dijual Hanya Rp 5 Ribu Perbuah, Ada Juga Makan Gratis

Dia menerangkan, meskipun sudah turun temurun berganti generasi tapi kebun-kebun tersebut masih diketahui pemiliknya walaupun hanya dibatasi parit.

Warga hanya menggunakan pembatas seadanya sebagai batas antara kebun lainnya. Meskipun hanya demikian, mereka selalu memahaminya.

" Kalau jarak dari kantor desa menuju bukit durian tersebut sekitar 20 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dan empat," ungkapnya

Jika musim durian seperti sekarang, kawasan bukit tersebut dipenuhi warga, mereka membuat pondok dan menginap untuk menunggu jatuhnya buah durian.

Biasanya mereka akan pulang ke desa di pagi hari sambil mengumpulkan buahnya untuk dijual, ketika selesai merekapun akan kembali ke kebunnya masing-masing.

" Kalau musim durian seperti ini kayak pasar di bukit durian tersebut, karena warga sampai nginap, ada juga pembeli durian yang datang, pokoknya ramai," ungkap Apian.(Bangkapos/Nordin)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved