Bahar Buasan Dorong Orang Tua Ciptakan Ekosistem Membaca Bagi Anaknya

Karena tidak ada hal yang bisa dilakukan, banyak pemuda terjerumus dalam masalah, seperti, pergaulan bebas

Bahar Buasan Dorong Orang Tua Ciptakan Ekosistem Membaca Bagi Anaknya
Bangkapos
Bahar Buasan Dorong Orang Tua Ciptakan Ekosistem Membaca Bagi Anaknya 

BANGKAPOS.COM--Bahar Buasan, Anggota DPD RI mengatakan generasi yang hoby membaca dapat mengurangi aktifitas kenakalan remaja.

Sebab, waktu luang yang ada diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan positif.

Menurut Bahar, aktifitas anak-anak muda yang tidak positif dapat menjerumuskan mereka kedalam aktifitas yang negatif.

Karena itu, pentingnya orang tua sebagai pengarah untuk menciptakan minat baca bagi anggota keluarganya. Perpustakaan menurut Bahar sebagai salah satu pendukung ekosistem itu.

“Karena tidak ada hal yang bisa dilakukan, banyak pemuda terjerumus dalam masalah, seperti, pergaulan bebas hingga terjerumus narkoba.

Dengan adanya perpustakaan maka para remaja dan pemuda bisa mengisi waktu luang dengan baca buku. Harapan saya, kalau anak muda sudah gemar baca maka generasi mendatang bakal lebih cerdas,” kata Bahar Buasan.

Bahar Buasan menilai, budaya membaca bagi remaja perlu mendapat perhatian lebih. Karena itu, dirinya menganggap perlu adanya dorongan berbagai pihak agar meningkatkan minat baca dan pemahaman yang lebih pada masyarakat tentang pentingnya membaca.

“Dalam rangka meningkatkan minat baca pada kalangan pemuda bukan hanya tugas pemerintah, tetapi semua pihak harus ikut serta menyukseskannya.

Seperti dukungan orang tua, penugasan dari guru sekolah serta kepala desa juga dengan anggaran dana desanya untuk membuat perpustakaan mini di masing masing desa agar anak-anak kita penuh dengan lingkungan membaca," ujar senator asal Babel itu.

Bahar Buasan juga menyadari, jaman teknologi saat ini mayoritas aktifitas anak di kelilingi oleh gadget. Menyebabkan efek candu pada game dan sebagainya.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved