Pokdakan Perpat Permai Serius Majukan Wisata Rabeng

Alhamdulillah saat ini kami terus membangun beberapa fasilitas seperti trek atau jalan jembatan kayu dan bambu

Pokdakan Perpat Permai Serius Majukan Wisata Rabeng
Bangkapos/Edwardi
Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Perpat Permai Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selain bergerak di bidang budidaya ikan air payau, seperti kepiting bakau, bandeng dan nila, ternyata juga sangat serius dalam mengembangkan kegiatan wisata Rabeng atau pelestarian hutan mangrove (bakau). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Perpat Permai Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selain bergerak di bidang budidaya ikan air payau, seperti kepiting bakau, bandeng dan nila, ternyata juga sangat serius dalam mengembangkan kegiatan wisata Rabeng atau pelestarian hutan mangrove (bakau).

Ketua Pokdakan Perpat Permai, Sirpandi mengatakansejak dirintis sekitar dua tahun yang lalu dengan memulai membuat kolam budidaya kepiting bakau secara manual atau digali dengan cangkul sampai saat ini berkembang pesat dengan membangun trek atau jalan setapak dari kayu dan bambu sekitar beberapa ratus meter, jembatan gantung, dan beberapa saung atau pondok untuk istirahat pengunjung. 

"Alhamdulillah saat ini kami terus membangun beberapa fasilitas seperti trek atau jalan jembatan kayu dan bambu yang masuk ke dalam hutan bakau sehingga pengunjung bisa menikmati suasana alami hutan bakau, juga ada beberapa rumah pohon yang dibangun di pohon bakau untuk istirahat dan melihat pemandangan dari atas," kata Sirpandi didampingi Kabid Pengelolaan Teknis Perikanan Budidaya Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, Tri Rachmawati, Selasa (25/12/2018).

Ditambahkannya, selain itu juga sudah membuat beberapa spot untuk foto selfie bagi para pengunjung, seperti jembatan gantung dari konstruksi kayu, kawat seling dan alas bambu, beberapa pondok saung, dan WC.

" Pengunjung yang datang kesini tidak dipungut biaya hanya bersifat sumbangan sukarela saja, kita hanya menyiapkan kotak sumbangan saja bagi para pengunjung yang datang berkunjung," jelasnya.. 

Diakuinya, dari dana sumbangan para pengunjung dan juga sumbangan anggota Pokdakan dikumpulkan sedikit demi sedikit dibelikan material dan bahan bangunan untuk membangun dan melengkapi beberapa fasilitas wisata Rabeng Perpat Permai ini.

"Alhamdulillah rata-rata hampir setiap hari ada saja pengunjung yang datang, baik dari Belinyu maupun dari luar kota. Bahkan hari ini pelajar SMA dari Toboali Bangka Selatan akan datang berkunjung," ungkapnya.

Dilanjutkannya, selain itu para pengunjung yang ingin menikmati hutan bakau dengan menyusuri sungai bisa menyewa perahu yang disediakan khusus untuk mengantarkan pengunjung.

"Kita juga sedang membuat perahu ponton wisata bermesin tempel, saat ini sedang dalam tahap ujicoba," ungkapnya. 

Sirpandi berharap ke depan, pemerintah daerah bisa membantu beberapa fasilitas yang bisa menunjang kegiatan pariwisata disini. (BANGKAPOS.COM/ EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved