Bahar Buasan: Mari Kita Lindungi NKRI dari Ideologi yang Memecah Belah Bangsa

Bahar memberi solusi yaitu dengan cara memegang teguh nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat dan berbangsa.

Bahar Buasan: Mari Kita Lindungi NKRI dari Ideologi yang Memecah Belah Bangsa
Bangka Pos
Bahar Buasan 

BANGKAPOS.COM -- Anggota DPD RI Dapil Babel, Bahar Buasan mengajak masyarakat untuk mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari ancaman ideologi yang dapat memecah belah persatuan Indonesia.

Bahar memberi solusi yaitu dengan cara memegang teguh nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat dan berbangsa.

"Di era keterbukaan demokrasi ini, kewajiban kita mengawal dan mengamankan NKRI dari ancaman ideologi-ideologi yang ingin menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa. Karena itu, demokrasi harus berdasarkan pancasila," ujar Bahar Buasan.

Menurut Senator asal Babel itu, dengan adanya sistem keterbukaan informasi di era demokrasi ini, mudah sekali bangsa dipecah belah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena itu, menurutnya perlu untuk mendasari sikap demokrasi berdasarkan nilai-nilai pancasila.

"Jadi sangat berbahaya apabila demokrasi Indonesia ini tidak didasarkan pada nilai-nilai pancasila. Demokrasi ini perlu untuk terus dibenahi, karena setiap momen politik berbeda-beda pilihannya," jelasnya.

Bahar menambahkan, tujuan demokrasi adalah keamanan dan kesejahteraan. Titik tekannya berdasarkan nilai-nilai pancasila bukan pada demokrasi itu sendiri.

Sebab, menurut Bahar, bila kita mendasari pada nilai pancasila dan semangat nasionalistik, demokrasi dapat membawa berkah bila kita semua saling menjaganya.

"Demokrasi ini membawa berkah asal kita rawat. Jangan demokrasi ini mengadu domba di antara kita, saling mencemooh dan memfitnah. Karena itu tidak sesuai dengan yang diajarkan di dalam pancasila," imbuhnya.

Bahar berharap, masyarakat Indonesia khususnya Babel dapat merawat demokrasi ini dengan rasa kasih sayang, sehingga memberikan kehidupan yang damai.

"Mari kita rawat demokrasi ini dengan rasa penuh cinta kasih, dengan penuh rasa damai. Sehingga demokrasi ini berjalan sesuai dengan nilai-nilai pancasila," tutup Bahar.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved