Breaking News:

42 Kelurahan di Pangkalpinang Dapat Rp 15,6 Miliar, Bakuda Tunggu Juknis Pencairan di 2019

42 kelurahan di Pangkalpinang akan mendapatkan gelontoran dana kelurahan dengan total Rp 15,6 miliar pada 2019 mendatang.

Penulis: Dedy Qurniawan | Editor: M Zulkodri
Bangka Pos/Dedi Qurniawan
Kepala Bakuda Pangkalpinang Agusfendi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Pangkalpinang Agus Fendi mengatakan, 42 kelurahan di Pangkalpinang akan mendapatkan gelontoran dana kelurahan dengan total Rp 15,6 miliar pada 2019 mendatang.

Saat ini pihaknya tengah menunggu petunjuk teknis (juknis) pencairan dana tersebut.

"Kami sedang menunggu juknis pencairannya karena dana kelurahan ini memang baru tahun pertama di 2019 ini. Anggarannya sudah disiapkan, tinggal pencairannya, apakah sama polanya seperti dana desa atau bagaimana," kata Agus kepada Bangka Pos, Kamis (27/12/2018).

Sebelumnya diberitakan, seluruh Kelurahan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai tahun 2019 mendatang akan mendapatkan dana kelurahan dengan kisaran Rp 200-300 juta per kelurahan.

Pemerintah Pusat menyalurkan dana kelurahan ke Babel sebesar Rp 30 miliar untuk tahun 2019 yang akan dibagikan kepada seluruh kabupaten/kota yang memiliki kelurahan.

Adapun Alokasi dana kelurahan ke kabupaten/kota yakni Pangkalpinang sebesar Rp 15, 6 miliar, Bangka Rp 6,7 miliar, Bangka Barat Rp 1,4 miliar, Bangka Tengah Rp 2,6 miliar, Bangka Selatan Rp 1, 1 miliar, dan Belitung Rp 2,6 miliar. Dana kelurahan ini diperuntukkan untuk pemberdayaan masyarakat khususnya di kelurahan, pasalnya untuk sarana dan prasarana dinilai sudah lebih lengkap dibandingkan desa.

Agus mengatakan, setelah juknis didapatkan, pihaknya akan mengumpulkan para lurah di Pangkalpinang. "Kami akan sosialisasikan teknis pencairannya, termasuk pembagiannya per kelurahan,"kata dia. (BANGKAPOS.COM / Dedy Qurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved