8 Jurusan Kuliah yang Paling Dihindari, Tapi Ternyata Bisa Tawarkan Gaji Besar Setelah Lulus

Tak banyak yang tahu, 8 jurusan kuliah ini sepi peminat dan terkesan seperti dihindari tapi ternyata malah bisa tawarkan gaji tinggi setelah lulus

8 Jurusan Kuliah yang Paling Dihindari, Tapi Ternyata Bisa Tawarkan Gaji Besar Setelah Lulus
Google
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM  - Tak banyak yang tahu, 8 jurusan kuliah ini sepi peminat dan terkesan seperti dihindari tapi ternyata malah bisa tawarkan gaji tinggi nantinya setelah lulus.

Tujuan pertama orang kuliah adalah nantinya untuk lulus kemudian bisa bekerja.

Mencari pekerjaan bagi sebagai orang memang terasa susah-susah gampang.

//

Semakin banyak saingan dan ketersediaan lapangan pekerjaan yang semakin menipis buat banyak orang merasa kesulitan untuk mendapatkannya.

Namun, taukah kamu jika 8 jurusan kuliah yang sepi peminat ini ternyata malah bisa tawarkan gaji yang besar?

Apa saja ya kira-kira?

Berikut 8 jurusan kuliah yang sepi peminat namun punya peluang untuk beri gaji besar setelah lulus yang berhasil TribunStyle.com kutip dari cewekbangte.id:

1. Oseanografi

Jurusan Oseanografi singkatnya adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kelautan.

Jurusan yang satu ini punya prospek kerja yang bagus lho di masa depan! Apalagi kita tinggal di negara maritim.

FYI, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki luas laut 62 % dari luas teritorialnya.

Hal ini membuat sumber daya pesisir dan lautan jadi sumber devisa yang penting dan bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Makanya, sangat diperlukan SDM, dalam hal ini para lulusan jurusan oseanografi, yang mempunyai pengetahuan memadai yang mampu berperan dan memberikan kontribusi untuk pembangunan bangsa dari sektor kelautan.

Gaji yang ditawarkan untuk Fresh Graduate oseanografi aja bisa mencapai angka Rp. 10 juta lho, girls!

2. Teknik biomedis

Kalau kita mengambil jurusan teknik biomedis ini kita akan mempelajari berbagai prinsip ilmu teknik dalam bidang medis atau kedokteran.

Uniknya, lulusan teknik biomedis ini diklaim mampu menjadi teknisi untuk memperbaiki alat-alat medis yang rusak. Menarik banget, ya!

Materi kuliahnya memang lebih banyak dan cukup sulit dari ilmu kedokteran pada umumnya.

Tapi percaya deh, apa yang kita pelajari di jurusan ini akan sangat worth it sama prospek kerja dan gaji yang akan kita terima nantinya.

Para lulusan teknik biomedis memiliki peluang besar untuk bekerja di bidang kesehatan seperti lembaga layanan kesehatan, bidang industri, serta bidang pendidikan dengan tawaran gaji yang besar.

Di Amerika Serikat aja, seorang teknik biomedis memiliki gaji sekitar US$ 62.700 atau sekitar Rp. 915 juta per bulan!

Melihat bisnis di bidang kesehatan Indonesia yang semakin meningkat, enggak menutup kemungkinan lulusan jurusan ini akan ditawarkan gaji dengan angka yang fantastis juga nih!

3. Aktuaria

Melihat perkembangan bidang asuransi di Indonesia yang semakin meningkat, ahli di bidang aktuaria akan semakin dibutuhkan oleh banyak instansi terkait nih, girls!

Seorang aktuaria memiliki tugas untuk menghitung risiko dan juga biaya dari perusahaan asuransi.

Di jurusan ini, kita akan banyak belajar ilmu matematika, ekonomi, manajemen bisnis, dan ilmu komputer.

Pemerintah Indonesia sendiri menerapkan peraturan yang mewajibkan setiap perusahaan harus memiliki setidaknya satu aktuaria.

Sedangkan ahli atau lulusan dari bidang ini masih sangat sedikit yang membuat Indonesia saat ini sedang mengalami krisis aktuaria.

Kalau kita mengambil jurusan ini sekarang, setelah lulus nanti kita akan jadi 'rebutan' banyak perusahaan dengan tawaran gaji yang menggiurkan. Bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah dalam satu bulan lho!

4. Peternakan

Sesuai dengan namanya, jurusan peternakan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan ternak.

Di jurusan peternakan ini, kita bisa mempelajari cara meningkatkan produktifitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi yang modern.

Enggak heran kalau lulusan jurusan ini akan sangat diharapkan untuk mengatasi krisis daging di Indonesia, serta meningkatkan kualitas hasil ternak yang bisa diekspor keluar negeri.

Setelah lulus, kita bisa bekerja di berbagai industri seperti Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah.

Bahkan, peluang kerja di instansi pemerintahan juga sangat luas lho, mulai dari Kementrian Pertanian, Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian, hingga Kementrian Lingkungan Hidup.

Gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate sarjana jurusan ini biasanya di atas angka Rp. 5 juta setiap bulannya.

5. Batra

Jurusan batra adalah jurusan yang berkaitan dengan pembuatan obat-obat tradisional.

Peluang kerja di masa depan juga cukup menjanjikan lho! Kita bisa meracik berbagai ramuan herbal baru, yang nantinya resep tersebut akan 'dibeli' oleh produsen besar.

Dengan menjual resep ramuan herbal tersebut, kita akan menerima royalti yang besar setiap bulannya dari para produsen. Bisa mencapai ratusan juta rupiah! (TribunStyle/Anggraini Nurul Fatimah)

 


Artikel ini telah tayang di Tribunstyle.com dengan judul Siapa Sangka, 8 Jurusan Kuliah Ini Paling Dihindari Ternyata Bisa Tawarkan Gaji Besar Setelah Lulus
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved