BNN Bangka Tutup Tahun Pastikan Kasus Narkoba Menurun

Menurut koordinasi kita dengan Kasat Narkoba Polres Bangka, jumlahnya menurun. Kalau data BNN Tahun lalu ada 14 kasus dan tahun

BNN Bangka Tutup Tahun Pastikan Kasus Narkoba Menurun
bangkapos/ferylaskari
Kepala BNNK Bangka, Eka Agustina SKM dan para pejabat di kantornya saat memberikan keterangan pers, Jumat (5/10/2018). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Selama 2018, berbagai program telah dilakukan oleh badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka.

Selain sosialisasi, penindakan pun dilakukan. Yang jelas dipastikan, kasus narkoba menurun dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini ditegaskan oleh Kepala BNNK Bangka, Eka Agustina kepada Bangka Pos, Jumat (28/12/2018).

"Yang pertama program Desa Bersinar (bersih narkoba) sudah kita lakukan. Kemudian yang kedua dukungan Inpres OPD Pemkab Bangka.

Selain itu ada kegiatan pelaksanaan tes urine di tempat hiburan menyambut Natal dan Tahun Baru Tanggal 22 Desember 2018 lalu," kata Eka.

Sementara itu, program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) digencarkan di dua desa, yaitu Desa Jadah Bahrin Kecamatan Merawang dan Desa Bukitlayang Kecamatan Bakam.

Berbagai kegiatan telah dilakukan di kedua Desa Bersinar yang dimaksud, mulai Nopember2018 lalu.

"Kita juga sudah lakukan kegiatan advokasi koordinasi Pemdes dan kecamatan. Yang terakhir pada akhir Desember kita melakukan pengukuhan relawan di Desa Jadah Bahrin dan Bukitlayang, termasuk kita berikan Bimtek pada relawan masing masing desa tersebut.

Diharapkan relawan dapat membantu pencegahan narkoba di desa mereka, " katanya.

Sedangkan tes urine juga telah dilakukan di beberapa OPD di Jajaran Pemkab Bangka. Pada Tanggal 28 Desember 2018 lalu juga dilakukan pemeriksaan urine pada pegawai di Lingkungan Setda Kabupaten Bangka, Setwan dan Disparpora Bangka.

"Sedangkan hasil razia di tempat hiburan beberapa hari lalu, tiga orang dinyatakan positif narkoba, sudah menjalani rehab jalan, karena mereka kooperatif," katanya.

Alfi Riyadi, Penyidik BNNK Bangka pada kesempatan yang sama, Jumat (28/12/2018) menambahkan.

Ia memastikan, berdasarkan data BNN dan juga data Satnarkoba Polres Bangka, menyatakan, jumlah kasus narkoba pada Tahun 2018 menurun dibanding Tahun 2017.

"Menurut koordinasi kita dengan Kasat Narkoba Polres Bangka, jumlahnya menurun. Kalau data BNN Tahun lalu ada 14 kasus dan tahun ini 11 kasus untuk penangakapan," tambah Alfi Riyadi.(bangkapos/ferylaskari)

.

Penulis: ferylaskari
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved