Hadiri Pengukuhan Forkoda Bamasa, Bambang Patijaya Berbagi Ilmu Tentang UMKM

Jadi ada beberapa kendala-kendala yang harus dipahami, ada empat masalah klasik daripada UMKM

Hadiri Pengukuhan Forkoda Bamasa, Bambang Patijaya Berbagi Ilmu Tentang UMKM
Bangkapos
Hadiri Pengukuhan Forkoda Bamasa, Bambang Patijaya Berbagi Ilmu Tentang UMKM 

BANGKAPOS.COM-- Forum Komunikasi Pemuda Bangka Maju Sejahtera (Forkoda Bamasa) hari ini resmi melakukan pengukuhan kepengurusan forum dan sharing pembangunan ekonomi mikro melalui UMKM dan sinergitas kepemudaan di Lingkungan Jelutung, Sinar Jaya, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Sabtu (29/12/2018).

Dalam pengukuhan dihadiri Ketua Forkoda Bamasa Rizky Dwi Septianto, Wakil Ketua Forkoda Bamasa Ikhsan Ramadhan, Direktur Utama Jamkrida Babel Erlan Hadi Susanto, Founder Yayasan BPJ Peduli Bambang Patijaya (BPJ), Perwakilan Bank SumselBabel.

Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Perizinan Kab. Bangka Bidang Koperasi dan UMKM M. Syah, Dinas Perlindungan Perempuan & Anak Babel diwakili Prihatno, Kelurahan Sinar Jaya diwakili Chafit Kamal, Tokoh Masyarakat M. Solihin, Tokoh Agama Supandi, dan instansi terkait lainnya.

Pelaku wirausaha muda Bambang Patijaya (BPJ) mengungkapkan bahwa diskusi kali ini berbeda, biasanya membahas gerakan sosial politik tetapi kali ini fokus dalam gerakan ekonomi.

Jadi memang menarik ketika membahas UMKM serta para pelaku ekonomi mikro khususnya.

Jadi ada beberapa kendala-kendala yang harus dipahami, ada empat masalah klasik daripada UMKM.

"Pertama itu kurang berpengalaman, kedua pembukuan tidak rapi, ketiga tidak sabar karena ingin langsung cepat kaya, dan keempat ini yang paling fatal yakni kekurangan modal," bebernya.

Pria yang akrab disapa BPJ itu juga menceritakan memulai usahanya dari UMKM.

"Saya juga memulai usaha itu dari UMKM, terpenting kita harus memiliki pengalaman, sistem pembukuan yang rapi karena kalau tidak rapi tidak bisa dibiayai oleh Jamkrida Babel, harus sabar ada tahapan proses step by step dan modal," ia menuturkan.

Menurutnya sinergitas kepemudaan melalui UMKM itu penting membangun ekonomi mikro.

Halaman
123
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved