Tim Terpadu Sosialisasi Alat Tangkap Ramah lingkungan

Tim terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, bersama DKP Provinsi Babel dan Polres Bangka Selatan

Tim Terpadu Sosialisasi Alat Tangkap Ramah lingkungan
Ist DKP Babel
Tim terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, bersama DKP Provinsi Babel dan Polres Bangka Selatan, mensosialisasikan alat tangkap ramah lingkungan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Tim terpadu Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, bersama DKP Provinsi Babel dan Polres Bangka Selatan, mensosialisasikan alat tangkap yang dilarang.

Salah satunya alat tangkap jenis pukat harimau atau trawl. Sosialisasi berlangsung di Kecamatan Tukak Sadai dan Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (29/12/2018) kemarin.

Sosialisasi dihadiri Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) provinsi Babel Dasminto, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Basel Suhadi, Kapolres Basel AKBP Aris Sulistyono SH,MH.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi, mengatakan sosialisasi yang disampaikan pihaknya terkait aturan yang melarang penggunaan pukat harimau yang digantikan alat tangkap yang ramah lingkungan.

" Kemarin kami bersama DKP Provinsi, Polres mensosialisasi alat tangkap yang dilarang kepada nelayan Sukadamai Kecamatan Toboali dan Sadai Kecamatan Tukak Sadai," ujar Suhadi.

Menurut Suhadi, sejauh ini respon masyarakat dan nelayan sangat positif. Bahkan mereka bersedia mengganti pukat harimau ke alat tangkap yang lainnya, sehingga tidak merusak biota laut. Berdasarkan data yang dihimpun pihaknya, ada sekitar 190 unit trawl beroperasi di perairan Basel.

" sejauh ini respon nya sangat baik. setidaknya kami telah mendata ada sekitar 190 unit kapal trawl yang beroperasi di Bangka Selatan dengan rincian 100 unit di Sukadamai dan 90 unit tersebar di Pulau Panjang , Pulau Tinggi dan Sadai," pungkas Suhadi.(Bangka Pos/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved