Jelang Tutup Tahun, DPRD Bangka Sahkan Tiga Raperda Sekaligus

Raperda ini dapat dijadikan dasar hukum dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di kabupaten Bangka

Jelang Tutup Tahun, DPRD Bangka Sahkan Tiga Raperda Sekaligus
Ist
Penyerahan dokumen Pengesahan Raperda dari DPRD Bangka kepada Bupati Bangka 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Menutup pergantian tahun dari 2018 ke 2019, DPRD Kabupaten Bangka mengesahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) sekaligus, Senin (31/12/2018) di Ruang Paripurna  DPRD Kabupaten Bangka di Sungailiat.

Rapat paripruna yang dipimpin ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian tersebut mengesahkan dua raperda inisiatif dewan yakni raperda tentang penyelenggaraan jalan umum dan jalan khusus serta raperda tentang dana bergulir.

Sedangkan satu raperda usulan Pemerintah kabupaten Bangka yakni Raperda tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Bangka Nomor 9 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah kabupaten Bangka.

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka Mulkan menyampaikan aspresiasi kepada instansi dan semua anggota dewan yang telah membahas dan meyetujui ketuga raperda tersebut.

"Raperda ini dapat dijadikan dasar hukum dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di kabupaten Bangka," kata Mulkan melalui rilis yang disampaikan Humas dan Prokol Setda Bangka kepada bangkapos.com.

Ia menilai, keberadaan raperda penyelenggaraan jalan umum dan jalan khusus bertujuan mewujudkan keamanan, kenyamanan, ketertiban dan keselamatan pengguna jal, serta mengantisipasi penurunan fisik kerusakan ruas jalan umum melalui pengendalian dan pembatasan lalulintas,

pengangkutan hasil pertambangan dan perkebunan guna mendukung penyelenggaraan sistem transportasi yang tertib dan terpadu.

Sedangkan keberadaan raperda tentang Penyelenggaraan Dana Bergulir bertujuan memberikan bantuan permodalan bagi koperasi, usaha mikro kecil, dan menengah di kabupaten Bangka dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan usaha.

Untuk raperda tentang perubahan atas Perda Kabupaten Bangka Nomor 9 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah kabupaten Bangka disusun dalam rangka optimalisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Pemberlakukan perubahan perangkat daerah ini berlaku efektif pada tahun 2020.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved