Babel Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir hingga 5 Januari Mendatang

BMKG menyebutkan, terdapat siklon tropis Pabuk di laut Cina Selatan dan siklon tropis Penny di Teluk

Babel Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir hingga 5 Januari Mendatang
Bangkapos/Yudha Palistian
Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melangsir peringatan dini cuaca untuk 3-5 Januari 2019 mendatang.

Pada pengumuman peringatan dini cuaca yang diperbarui per 12.42 WIB, Kamis (3/1/2019) itu, Kepulauan Bangka Belitung menjadi satu di antara wilayah yang berpotensi hujan lebat, angin kencang, dan kilat/petir hingga 5 Januari 2019 mendatang.

BMKG menyebutkan, terdapat siklon tropis Pabuk di laut Cina Selatan dan siklon tropis Penny di Teluk Carpentaria.

Sirkulasi siklonik (level 925/700 mb) Samudera Hindia Selatan Bali.

"Konvergensi terbentuk di perairan barat Sumatera, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Tenggara. Belokan angin di Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, dan perairan utara Papua," demikian bunyi pengumuman peringatan dini cuaca tersebut.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang Kurniaji mengimbau,  masyarakat yang berdomisili di sekitar wilayah pesisir pantai diharapkan tetap waspada terkait potensi angin kencang.

"Masyarakat nelayan yang berkaktivitas menggunakan kapal-kapal kecil juga diharapkan untuk tidak berlayar karena potensi gelombang masih signifikan antara 1.5-3 meter di perairan Utara Bangka,

Selatan Bangka dan Selat Karimata. Jika memang harus beraktivitas, maka diminta untuk tetap waspada dan siaga dalam melakukan aktivitas pelayaran di wilayah dengan gelombang tinggi," kata Kurniaji kepada Bangka Pos, Kamis (3/1/2019) siang. (BANGKAPOS.COM / Dedy Qurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved