Dibangun 2016, Bupati Bateng Baru Akan Resmikan RPH

Itu akan kita pakai, masih menunggu finalisasi yang dijadwalkan Januari 2019, akan diresmikan bupati.

Dibangun 2016, Bupati Bateng Baru Akan Resmikan RPH
bangkapos/riki pratama
Kondisi Gedung Pemotongan Hewan yang berada di Kelurahan Padang Mulya, Kecamatan Koba yang belum dipakai untuk melakukan pemotongan hewan foto diambil, Kamis (3/1/2019). 

BANGKAPOS.COM - Dinas Pertanian Bangka Tengah memastikan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang berada di Jalan Tanjung, Kelurahan Padang Mulia, Koba akan diresmikan Bupati Bateng, Ibnu Saleh pada Januari 2019. Padahal diketahui, RPH ini sudah selesai dibangun sejak 2016.

Kepala Dinas Pertanian Bateng, Rusli Khaidar mengakui gedung tersebut selama ini belum dimanfaatkan karena masih banyak kekurangan yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah.

"Itu akan kita pakai, masih menunggu finalisasi yang dijadwalkan Januari 2019, akan diresmikan bupati. Kita sebelumnya masih menyiapkan kesiapan baik itu pembersihan dan penambahan alat kelengkapan lainnya. Saat ini hal itu sudah semua, tinggal menunggu jadwal bupati untuk meresmikannya," jelas Rusli, Kamis (3/1/2019).

Selain itu menurutnya, gedung belum digunakan karena perlu penambahan anggaran dan peralatan lainnya.

"Itu kan bertahap, sumber dananya juga dari pusat, beberapa kali kita ajukan namun tidak jadi, hingga di tahun 2018 ada penambahan untuk kelengkapannya, itu juga belum untuk membuat pagarnya, jadi bertahap tidak bisa sekaligus," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan gedung ini dilakukan sejak tahun 2015 hingga 2016. Waktu tersebut dilakukan mulai dari pembebasan lahan hingga pembangunan.

"Tahun ini bisa difungsikan. Bila sudah berfungsi kita harapkan semua hewan bisa masuk ke RPH, tidak ada lagi hewan masuk dan memotong di rumah sendiri, semuanya memotong di situ, sesuai dengan SOP yang berlaku. Pemotongan secara syariah namanya," tegasnya.

Selengkapnya baca edisi cetak harian Bangka Pos pada Jumat 4 Januari 2019. (*)

Penulis: Riki Pratama
Editor: tidakada012
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved