10 Negara Paling Inovatif di Dunia, Penilaian Meliputi Berbagai Hal Ini

Raksasa elektronik tersebut merupakan perusahaan asal negeri ginseng yang paling bernilai serta telah menerima hak paten Amerika Serikat

10 Negara Paling Inovatif di Dunia, Penilaian Meliputi Berbagai Hal Ini
Patrice Bouttier
Ilustrasi negara inovatif 

POSBELITUNG.CO, JAKARTA - Korea Selatan dan Swedia menjadi negara paling inovatif di 2018. Disadur dari Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang mengutip Bloomberg Innovation Index, Samsung menjadi perusahaan yang mendorong Korea Selatan menduduki peringkat pertama dalam indeks yang disusun berdasarkan data dari Bank Dunia, IMF, dan PECD tersebut.

Raksasa elektronik tersebut merupakan perusahaan asal negeri ginseng yang paling bernilai serta telah menerima hak paten Amerika Serikat lebih banyak dari perusahaan lainnya, selain IBM.

Inovasi yang dibuat oleh Samsung pun membentuk rantai suplai di berbagai lini ekonomi Korea Selatan. Sementara Swedia menduduki peringkat kedua lantaran saat ini menjadi pusat start-up di Eropa.

Negara Skandinavia ini adalah rumah dari perusahaan-perusahaan teknologi terbesar di dunia dan bersaing dengan Sillicon Valley mengenai jumlah start-up unicorn (start-up dengan nilai miliaran dollar AS) yang diproduksi per kapitanya.

Sebagai catatan, penilaian di dalam indeks ini meliputi perkembangan perusahaan teknologi di sebuah negara hingga jumlah lulusan sains dan teknologi di negara tersebut.

Berikut daftar 10 negara paling inovatif di tahun 2018:

1. Korea Selatan

2. Swedia

3. Singapura

4. Jerman

5. Swiss

6. Jepang

7. Finlandia

8. Denmark

9. Prancis

10. Israel

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Negara Paling Inovatif di Dunia"

Editor: ediyusmanto
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved