Di Babel Ada Pasangan Capres-Cawapres Belum Serahkan Laporan Sumbangan Dana Kampanye

Komisi Pemilihan Umum Propinsi Babel serta Kabupaten/kota belum menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye dari pasangan capres-cawapres no 1

Di Babel Ada Pasangan Capres-Cawapres Belum Serahkan Laporan Sumbangan Dana Kampanye
BANGKA POS/DEDY QURNIAWAN
Ketua KPU Babel Davitri 

BANGKA POS.COM, BANGKA --Komisi Pemilihan Umum (KPU), Propinsi Bangka Belitung serta Kabupaten/kota sudah menerima laporan penerimaan sumbangan dana kampanye dari peserta pemilu, baik Parpol, DPD RI dan Capres-Cawapres yang ditutup, Rabu (2/1) lalu.  Dari dua pasangan calon presiden-calon wakil presiden, baru pasangan Prabowo -Sandi yang melaporkan sumbangan dana kampanye.
Ketua KPU Propinsi Bangka Belitung, Davitri mengatakan LPSDK capres-cawapres belum semuanya diterima pihak KPU.
"Untuk capres-cawapres yang melaporkan hanya pasangan nomor urut 02, sedangkan yang no urut 01 tidak melaporkan LPSDKnya. Kita sendiri tidak mengetahui mengapa mereka tidak melaporkannya,"ujar Davitri, Jumat (4/1).
Terkait dengan LPDSK ini, kata Davitri KPU sudah menyampaikan surat pemberitahuan agar melaporkan. Akan tetapi hingga waktu penutupan, tim dari paslon capres-cawapres 01 tidak melaporkan.
"Kalau sudah kita sampaikan ke seluruh peserta pemilu 2019. Kita sampaikan ke partai politik, DPD RI dan Tim Capres-Cawapres di tingkat Propinsi Babel," kata Davitri.
Meski tak melaporkan, dalam aturannya KPU tidak menerapkan sanksi tegas. Pemberian sanksi hanya bagi yang tidak melaporkan laporan awal dana kampanye dan laporan akhir dana kampanye.
"Memang tidak sanksinya bagi yang tidak melaporkan LPSDK. Tapi kaitannya nanti saat laporan penggunaan dana kampanye. Nantikan akan diaudit oleh kantor akuntan publik independen, dananya dari mana penggunaannya untuk apa saja," pungkas Davitri.
Sama halnya di KPU Pangkalpinang. Tim paslon Capres-Cawapres 01 pun tak melaporkan LPSDK ke KPU. Bahkan laporan awal dana kampanye pun tak melapor ke KPU Pangkalpinang.
"Yang lapor cuma tim paslon capres 02. Kalau yang tim paslon 01 tidak melaporkan LPSDK. Bahkan laporan awal dana kampanye juga tidak melaporkan ke KPU," ujar Husein, Divisi Hukum, KPU Pangkalpinang.
Ketua Tim Kampanye Capres-Cawapres Paslon 01, Jokowi-Ma'ruf Provinsi Bangka Belitung, Didit Srigusjaya mengakui bila timnya belum melaporkan dana awal kampanye ataupun sumbangan dana kampanye.
"Kita belum melaporkan dana awal kampanye karena saat ini dana tersebut belum ada, dan pengeluaran juga belum ada sama sekali. Akan tetapi pemberitahuan kepada KPUD akan tetap kita sampaikan. Saat ini kita menunggu dari Bendara TKD untuk menandatangani laporan tersebut," kata Didit Srigusjaya. (can)

Penulis: Hendra
Editor: tidakada013
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved