Breaking News:

Kadis Pendidikan Babel Sebut Mahasiswa Babel ke Taiwan Bukan Melalui Calo

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh, membantah mahasiswa Babel yang kuliah ke Taiwan, melalui perantara calo.

bangkapos.com/ist
Foto mahasiswa asal Bangka Belitung di Taiwan 

BANGKPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh, membantah mahasiswa Babel yang kuliah ke Taiwan, melalui perantara calo.

Soleh menegaskan, pengiriman mahasiswa Babel ke Taiwan melalui Yayasan PGRI dan Polman Babel dan diketahui  oleh pemerintah Indonesia maupun Taiwan.

Ia membeberkan dari empat universitas, yakni Cinanan University, Far East University 
Meiho University, Hsing Wu University. Memang  paling banyak siswa yang kuliah di Hsing Wu University.

Baca: 8 Fakta Menarik Dugaan Mahasiswa Indonesia Kerja Paksa di Taiwan Ternyata Dibayar Segini

Ia menjelaskan, mahasiswa yang belajar ke Taiwan melalui program kuliah magang terlebih dahulu melalui proses seleksi, mulai dari pendaftaran online hingga wawancara. Sehingga, sebelum mereka berangkat ke Taiwan sudah mengetahui kampus dan jurusan apa mereka kuliah.

"Enggak benar kalau anak-anak kita masuk melalui calo. Mereka daftar langsung ke universitas. Yang masuk ke Taiwan ada dua visa belajar dan tenaga kerja. Anak-anak kita melalui visa pelajar, dan orang indonesia  bukan hanya Babel tapi juga provinsi lain tapi tidak difasilitasi oleh pemerintah daerah," kata Soleh, Jum'at (4/1/2019).

Menurutnya, pemprov Babel memfasilitasi ini untuk membantu para mahasiswa Babel, agar lebih mudah terpantau dan terkoordinir.

Ia menyampaikan, mahasiswa Babel yang sekolah di Taiwan sudah disampaikan pada Kantor Dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) karena Indonesia tak punya hubungan diplomatik, sementara Visa difasilitasi melalui TETO, yang resmi dari Taiwan.

"Pihak KDEI juga mengawasi, dari kita juga ada mahasiswa yang ngambil S2 disana ikut mengawasi anak-anak kita di sana," ujarnya.

Follow IG Bangka Pos!

Sedangkan untuk  magang, ia menyebutkan dicarikan oleh pihak universitas, dan ini disesuaikan dengan jadwal kuliah.

Halaman
12
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved