KPU Kabupaten Bangka Tunggu Infomasi KPU RI Kepastian Kedatangan Surat Suara

Informasi kemarin dapat info dari KPU RI pertengahan bulan ini akan naik cetak karena memang seluruh pengelolaan surat suara

KPU Kabupaten Bangka Tunggu Infomasi KPU RI Kepastian Kedatangan Surat Suara
bangkapos/nurhayati
Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan menunjukan contoh kotak suara yang akam dipakai pada Pemilu 2019 nanti, Jumat (5/1/2019) di Gudang KPU Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Logistik untuk pemilu baik pemilihan legislatif (pileg) maupun pemilihan presiden (pilpres) yang berlangsung sekaligus pada tanggal 17 April 2019 untuk Kabupaten Bangka secara umum sudah hampir lengkap.

Tinggal menunggu kedatangan formulir-formulir yang akan digunakan di Tempat Pemungutan Suara (TPS), kecamatan dan KPU Kabupaten Bangka.

Selain itu juga surat suara yang belum datang karena menurut informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia yang masih proses validasi terakhir dan masih ada proses perbaikan desain yang belum naik cetak.

"Informasi kemarin dapat info dari KPU RI pertengahan bulan ini akan naik cetak karena memang seluruh pengelolaan surat suara pengadaannya itu dilaksanakan oleh KPU RI. Kami tinggal menerima saja.

Kami sudah mengirimkan desainnya dan DCT (Daftar Calon Tetap) terakhir," jelas Komisioner KPU Kabupaten Bangka Iman Supiar saat mendampingi Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan, Jumat (5/1/2019) kepada bangkapos.com di Sekretariat KPU Kabupaten Bangka.

Menurutnya, untuk logistik seperti alat-alat TPS hingga Alat Tulis Kantor (ATK) sudah ada semua di gudang KPU Kabupaten Bangka.

Hingga saat ini dikatakan Iman, belum ada laporan logistik yang rusak. Logistik yang sudah datang disetting sesuai jumlah TPS di Kabupaten Bangka sebanyak 870.

Sedangkan untuk kotak pemungutan suara dikatakan Iman, sudah datang hanya belum dirakit karena saat tiba di KPU Kabupaten Bangka hitungan jumlah TPS masih 869 dimana ada penambahan satu TPS di Desa Air Ruai Kecamatan Pemali jadi masih menunggu tambahan satu TPS tersebut.

"Jadi kami sudah menerima 869 kali lima kotak per TPS sama dengan jumlah bilik yang kondisinya belum dirakit, karena belum disampaikan perintah oleh KPU RI, kami menunggu semuanya sudah ada.

Kemungkinan di Februari nanti mulai disetting tapi setting tidak disini kami ada gudang lain yang lebih representatif agar keamanannya terjaga, kalau terjadi hujan segala macam kami sudah mempersiapkan tempat-tempat yang bakal dipakai untuk penempatan kotak suara," jelas Iman.

Sedangkan untuk surat suara jika cepat naik cetak pada Januari maka Februari 2019 nanti sudah bisa didistribusikan oleh KPU RI ke daerah-daerah di Indonesia. Namun pihaknya belum mendapat informasi pasti dari KPU RI.

"Kalau formulir tidak memakan waktu lama begitu datang kami harus mengecek apakah sudah tepat dan sesuai karena ini pemilu 2019 bukan seperti pilkada. Kami harus jeli melihat takut ada kesalahan dapil atau apa itu yang kami cek ketika datang," ungkap Iman.

Terkait dengan estimasi waktu dia berharap tidak telat karena sesuai dengan jadwal datang dan setting yang sudah diatur oleh KPU RI.

"Biasanya serentak per regional untuk Babel bersama dengan daerah lain di Sumatera bagian Selatan akan dikirimkan oleh satu ekspedisi. Jadi nanti kita tinggal koordinasi gimana untuk Babel terutama untuk Kabupaten Bangka akan diterima di mana apakah via Pangkalbam atau Tanjung Kalian nanti ada konfirmasi lebih lanjut dari KPU RI," kata Iman.

Untuk pengamanan logistik surat suara pemilu 2019 tersebut ditangani langsung oleh Polda Babel bekerjasama dengan polres dan polsek setempat. KPU Babel akan berkoordinasi dengan pihak polda sampai surat suara sudah ada di KPU kabupaten/kota. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved