121 Acara Pariwisata di Bangka Belitung Sepanjang 2019

Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sepanjang tahun 2019 ini akan ada 121 event (acara) pariwisata

121 Acara Pariwisata di Bangka Belitung Sepanjang 2019
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Bidang Promosi, Dinas Pariwisata Babel, Ari Primajaya 

BANGKAPOS.COM - Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sepanjang tahun 2019 ini akan ada 121 event (acara) pariwisata yang telah masuk dalam kalender event pariwisata di Negeri Serumpun Sebalai.

Event-event pariwisata yang akan digelar ini tersebar di tujuh kabupaten/kota di Babel. Hampir setiap bulan akan ada event-event pariwisata baik event budaya maupun sport tourism.

Babel sebagai provinsi kepulauan terkenal dengan wisata bahari yang memiliki pantai dengan batu yang granit yang eksotik dan pasir putihnya, masih menjadi magnet wisataan untuk mengunjungi negeri penghasil timah ini.

Jumlah event yang tercatat dalam kalender event pariwisata tahun 2019 ini sedikit menurun, dibandingkan tahun 2018 yang mencapai 127 event.

Kepala Bidang Promosi, Dinas Pariwisata Babel, Ari Primajaya mengatakan jumlah event ini sejatinya tidak turun, melainkan ada beberapa event yang belum dilaporkan penyelenggara kepada pemerintah Provinsi.

"Sebenarnya event-event ini lebih dari 121, tapi bisa juga ada beberapa event yang belum dilaporkan salah satunya perayaan festival harmoni Imlek di Kelenteng Bangka untuk tanggal 4 Februari, ini enggak masuk kalender event, tapi akan ada event ini," kata Ari, Akhir Pekan lalu.

Ari mencontohkan beberapa event yang akan digelar di Babel tahun ini ialah Sungailiat Triathlon, Ceng Beng, Wonderful Sail Indonesia, Pagelaran Seni Tradisional, Tradisional Art Festival, Napak Tilas Kebangsaan, Heritage Walk, Murok Jerami, Festival Selawang Segantang, Toboali City On Fire IV, Buang Jung, Festival Tanjung Kelayang, Festival Geopark, Sail Indonesia 2019, dan lain-lainnya.

Tak dipungkiri Ari, event yang digelar di Babel masih didominasi oleh pemerintah daerah, baru beberapa event yang dilaksanakan oleh pihak swasta maupun event organizer atau kelompok masyarakat.

Pihaknya, terus gencar mempromosikan pariwisata Babel tidak hanya ke dalam negeri namun juga ke luar negeri. Hal ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Babel.

"Kita terus berupaya melakukan berbagai promosi Pariwisata, potensi kita banyak mulai dari alam, kuliner, budaya dan adat istiadat. Ini yang terus kita tonjolkan dan menjadi daya tarik wisatawan," ujarnya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved