Target Pendapatan Pajak Hanya Naik 6,22 Persen

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari sektor pajak daerah tahun 2019 hanya meningkat 6,22 persen

Target Pendapatan Pajak Hanya Naik 6,22 Persen
Bangkapos/Nurhayati
Masyarakat saat membayar pajak kendaraan bermotor, Kamis (3/1/2019) di UPT Bakuda Babel Wilayah Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari sektor pajak daerah tahun 2019 hanya meningkat 6,22 persen dibandingkan tahun 2018.

Target pajak 2019 dari lima sektor pajak sebesar Rp 711.679.306.721,08 jumlah ini meningkat dari tahun 2018 dengan target Rp 669.996.399.762,00. Sedangkan realisasi pajak 2018 sebesar Rp 799.644.254.312,08.

Ada lima jenis pajak yang ditarik oleh Badan Keuangan Daerah Babel yakni Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), Pajak Air Permukaan (PAP), Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) dan Pajak Rokok.

Kepala Bidang Pajak Badan Keuangan Daerah Babel, Herwanita mengatakan target ini merupakan target sementara, pasalnya ini akan berubah dalam APBD Perubahan. Apalagi saat ini ada kebijakan pemutihan sehingga penerimaan dari PKB dan BBNKB diperkirakan akan meningkat.

"Peningkatan 6,22 persen, belum mengimbangi adanya pemutihan nanti setelah ada perubahan kemungkinan akan lebih meningkat lagi," katanya akhir pekan lalu.

Ia menyebutkan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan dan menggali potensi pajak. Bahkan akan meningkatkan layanan hingga ke desa-desa.

Herwanita menjelaskan, pihaknya berupaya mendekatkan pelayanan sehingga masyarakat mudah menjangkau layanan pajak dan mau membayar pajak.

"Tahun ini kita ada program, Samsat Setempoh dan Samsat Delivery ini ke kampung kerjasama dengan desa, ada fasilitator untuk menjangkau mereka yang di desa. Semacam samling kecil, jadi nanti desa yang mengumpulkan masyarakat yang mau bayar pajak lalu kota yang datang kesana," katanya.

Dirinya optimis target pajak ini dapat tercapai, ia juga mengajak masyarakat untuk pajak yang nantinya juga digunakan untuk kepentingan masyarakat. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved