Dinas Sosial Terlibat Program JKM, Namun Hanya Sebatas Verifikasi

Jadi uang pendamping, biaya hidup disana dan uang transportasi kami yang nanggung. Jadi program ini

Dinas Sosial Terlibat Program JKM, Namun Hanya Sebatas Verifikasi
Pos Belitung/Disa Aryandi
Haziarto 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Program Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM) Kabupaten Belitung, berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) Belitung nomor 36, secara keseluruhan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Salah satu OPD yang terlibat adalah Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung.

Namun keterlibatan OPD ini, hanya melakukan verifikasi kepesertaan program JKM tersebut.

"Kami hanya verifikasi saja sifatnya, dan itu langsung ke Dinas Kesehatan nanti. Tugas kami hanya menyediakan rumah mess, untuk keperluan tempat tinggal sementara bagi pasien rujukan," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Belitung Haziarto kepada posbelitung.co, Selasa (8/1/2019).

Apabila ada masyarakat yang ingin melakukan rujukan, lanjut dia, diperkenankan untuk tinggal di Mess Belitung di Jakarta.

Selain itu, OPD ini juga memberikan tanggungan kepada pendamping pasien.

"Jadi uang pendamping, biaya hidup disana dan uang transportasi kami yang nanggung. Jadi program ini tidak melihat miskin atau kaya, tapi secara global," ungkapnya.

Haziarto mengatakan, secara keseluruhan untuk masyarakat kurang mampu atau masyarakat penerima manfaat di Kabupaten Belitung, hingga kini telah terdata 8.266 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Namun dari data itu, belum seluruhnya dilakukan pendataan.

"Masih ada beberapa Desa yang belum terverifikasi. Nah ini sebetulnya sebagai acuan untuk program JKM ini, meski banyak lagi yang harus menerima program Sehati itu," pungkasnya. (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved