Februari Pelamar CPNS yang Lulus Mulai Bekerja

Meski sudah bertugas nantinya selama dua bulan para CPNS ini akan mendapatkan pelatihan dasar CPNS selama dua bulan.

Februari Pelamar CPNS yang Lulus Mulai Bekerja
Bangka Pos/Krisyanidayati
Pelamar CPNS yang dinyatakan lolos melakukan pemberkasan di BKPDSDM Babel, Rabu (9/1/2019). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasubit Perencanaan dan Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Babel, M. Erisco Nurahman memprediksikan CPNS 2018 yang dinyatakan lulus akan mulai melaksanakan tugas pada Februari mendatang.

Ia menyebutkan, saat ini sedang dilakukan pemberkasan dan verifikasi berkas untuk nantinya akan diserahkan ke BKN. Setelah proses verifikasi dan memasukkan ke sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN, nanti akan menjadi dasar pertimbangan penetapan NIP.

"Kami diberikan waktu sampai tanggal 20 untuk menyerahkan pemberkasan ke BKN, kemungkinan mereka februari sudah mulai bertugas setelah nanti penetapan NIP dan pelantikan," kata Erisco, Rabu (9/1/2019).

Menurutnya, meski sudah bertugas nantinya selama dua bulan para CPNS ini akan mendapatkan pelatihan dasar CPNS selama dua bulan.

"Pelatihan dasar CPNS ini salah satu syarat mereka. Nanti sistemnya on off seperti orang diklat, jadi sambil melaksanakan tugas sambil pelatihan," katanya.

Disinggung soal hak yang akan diterima ASN, ia menyebutkan selama satu tahun menjadi CPNS berdasarkan Undang-Undang no 5 tahun 2014 tentang ASN, mereka hanya akan mendapatkan gaji dan tunjangan sebanyak 80 persen

"Besaran gaji dan tunjangan yang akan diberikan tergantung golongan. Sebelum ada pengangkatan PNS mereka masih CPNS dan gajinya dibayarkan 80 persen, kalau sudah PNS biasanya selama satu tahun baru dibayar 100 persen. Penentuan golongan berdasarkan kualifikasi pendidikan dan jabatan, kalau s1 golongan 3A dan D3 golongan 2C, ada beberapa jabatan diakui 3B seperti dokter," katanya. (BANGKAPOS/KRISYANIDAYANTI)

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved