Empat Jenis Durian Unggul Khas Pulau Bangka, Tahun Lalu 30.000 Bibitnya Habis Terjual

Selama tahun 2018 lalu sebanyak 30.000 bibit tanaman durian unggul khas Pulau Bangka

Empat Jenis Durian Unggul Khas Pulau Bangka, Tahun Lalu 30.000 Bibitnya Habis Terjual
bangkapos/edwardi
Binit Durian Namlung (Cumasi/Tai Babi), Durian Putri Dewa, Durian Super Tembaga dan Durian Jantung yang diproduksi pembibitan tanaman milik Jamhur dan keluarga di Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM  -- Selama tahun 2018 lalu sebanyak 30.000 bibit tanaman durian unggul khas Pulau Bangka, seperti Durian Namlung (Cumasi/Tai Babi), Durian Putri Dewa, Durian Super Tembaga dan Durian Jantung yang diproduksi pembibitan tanaman milik Jamhur dan keluarga di Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka habis terjual.

Hal ini diungkapkan Isnul, anak Jamhur, warga Desa Kemuja kepada bangkapos.com, Minggu (13/01/2019).

"Alhamdulillah selama tahun 2018 lalu ada sekitar 30.000 bibit durian laku terjual," kata Isnul.

Selain empat jenis durian unggul khas Bangka diatas, ada juga satu jenis durian unggul lainnya, yakni durian isi pelangi. Namun stok bibit durian jenis ini sangat terbatas jumlahnya karena masih jarang dilakukan sambung pucuk.

"Teknik pembibitan ini membutuhkan waktu tiga Minggu untuk menumbuhkan tunas baru," ujarnya.

Dijelaskannya, bibit-bibit durian yang baru selesai proses sambung pucuk selanjutnya ditutup atau dikerubungi dengan plastik untuk mengurangi penguapannya.

 "Dalam satu hari saya bisa melakukan sambung pucuk sebanyak 600 polibag," ujarnya.

Dilanjutkannya, setelah tumbuh tunas baru baru dikeluarkan dari kerudung plastik kemudian disemai biar terkena sinar matahari, setelah dirawat selama 2-3 bulan baru bibit tanaman bisa dijual.

"Para pembeli bibit ini kebanyakan.orang dari Pulau Bangka inilah, mungkin mereka rawat dulu kemudian baru dijual lagi ataupun dibawa keluar Pulau Bangka," jelasnya.

Untuk penanaman bibit durian unggul yang baik, jarak antara pohon sekitar 9-10 meter atau dalam 1 hektare paling banyak 100 batang durian. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved