Rp 50 Juta untuk Masterplan Pariwisata Desa di Bangka Selatan

Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mendorong Pemerintah Desa membuat master plan pengembangan potensi wisata terintergrasi.

Rp 50 Juta untuk Masterplan Pariwisata Desa di Bangka Selatan
Bangkapos/Antoni
Pantai Batu Kapur di Kelurahan Tanjung Ketapang Kecamatan Toboali Bangka Selatan 

BANGKA POS.COM, BANGKA --Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan
mendorong Pemerintah Desa membuat master plan pengembangan potensi wisata terintergrasi.

Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda, mengatakan sampai saat ini ada sekitar 6 Desa,yang telah didorong untuk membuat masterplan pengembangan potensi pariwisata.

"Beberapa waktu lalu kami telah memanggil perwakilan dari desa yang memiliki potensi pariwisata guna membahas rencana pembuatan master plan ini " ujar Hefi Nuranda, Minggu (13/1)

Ia mengatakan rencananya pembuatan masterplan tersebut dilakukan secara kolektif dengan menggandeng ahli dari universitas yang ada.

Master Plan sangat penting, karena pembangunan destinasi akan berjalan optimal harus melibatkan ahli untuk melihat potensi dan peluang yang dituangkan dalam perencanaan.

"Rencananya setiap Desa akan membuat masterplan dengan menggunakan ADD sebesar Rp 50.000.000 dan kami akan memfasilitasinya. Hal ini kami usulkan guna adanya perencanaan pariwisata yang matang, dan jika ada dokumen perencanaan kita tidak begitu kesulitan untuk mengajukan bantuan anggaran karena embrio pariwisata yang sudah terbentuk," beber Hefi.

Dalam pelaksanaanya pihak Disparpora terus berkoodinasi dengan Dinas Sosial dan Pemerintah Desa guna terciptanya sinergisitas dalam percepatan pengembangan destinasi pariwisata desa.

"Kami akan berkoodinasi dengan pihak pemdes, sehingga lancar dan tidak sampai berbenturan dengan pihak pemdes dalam pengembangan destinasi wisata yang ada didesa," pungkasnya. (ara)

Editor: tidakada013
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved