Soal Pemasaran Produk Kerajinan Tangan milik Matahari, Begini Tips dari Bambang Patijaya

Kerajinan tangan ini pernah juga dilombakan di Jakarta, tetapi kita dapat juara tiga namun tetap semangat agar dilain waktu

Soal Pemasaran Produk Kerajinan Tangan milik Matahari, Begini Tips dari Bambang Patijaya
Bangkapos
Soal Pemasaran Produk Kerajinan Tangan milik Matahari, Begini Tips dari Bambang Patijaya 

BANGKAPOS.COM- Matahari (45) memanfaatkan salah satu bahan asli dari alam yakni lidi pohon kelapa untuk membuat kerajinan tangan di kediamannya di Dusun Sungai Dua, Kota Waringin, Puding Besar, Kabupaten Bangka, Babel.

Siapa sangka hasil tangan miliknya itu bernilai ekonomi UMKM, lantaran bisa menghasilkan kerajinan tangan seperti piring lidi dan miniatur lainnya dari bahan recycle.

Ia menceritakan menggeluti kerajinan tangan sejak 2008, untuk pembuatan satu piring lidi kecil itu waktunya sekira satu jam, piring lidi besar dan bertingkat memakan waktu satu hari.

Piring ini bisa bertahan 3 hingga 4 tahun, dan bahannya dari jenis lidi basah.

Matahari juga mengaku berkat kerajinan tangan piring lidi, dirinya bisa pergi ke Ibukota.

"Alhamdulillah berkat piring lidi ini saya bisa jalan-jalan ke Jakarta melalui dinas sosial provinsi. Di sana Kube (Kelompok Usaha Bersama) kita yakni 'Nyiur Bersemi' dapat penghargaan dari Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI," ujarnya diwawancarai di Sungai Dua, Bangka, Jumat (11/1/2019).

Penghargaan itu dianggap berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2018, semoga penghargaan ini menjadi dorongan untuk meningkatkan prestasi lebih baik dimasa yang akan datang.

"Kerajinan tangan ini pernah juga dilombakan di Jakarta, tetapi kita dapat juara tiga namun tetap semangat agar dilain waktu bisa meraih juara satu dari Babel," kata Matahari optimis.

Sedangkan untuk pemesanan ia menyebutkan rata-rata yang pesan untuk acara perhotelan, nikahan, dan catering. Selain itu, pernah juga dipesan di luar daerah seperti Jawa, Jakarta, Palembang, dan Jambi.

Menyoal harga grosir satu piring dibanderol Rp6 ribu dan pemesanan bisa menghubungi nomor 081377724032 atas nama Matahari.

Halaman
12
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved