Koba Tin Jangan Hanya Kejar Luasan Reklamasi Tapi Juga Perhatikan Kualitas Reklamasi

Pemerintah Bangka Tengah sempat menyurati pihaknya untuk memanfaatkan lahan ini, namun pihaknya belum mendapat gambaran jelas

Koba Tin Jangan Hanya Kejar Luasan Reklamasi Tapi Juga Perhatikan Kualitas Reklamasi
Bangka Pos/Krisyanidayati
Rapat koordinasi Rencana penggunaan Lahan Areal Penggunaan Lain (APL) Eks PT Kobatin bersama pemerintah kabupaten Bangka Tengah dan PT Kobatin, di ruang rapat Tanjung Pendam, Selasa (15/1/2019). 

BANGKAPOS.COM - Kepala Seksi Perlindungan Lingkungan Kementerian ESDM, Jajad Sudrajat mengatakan diberikan perpanjangan waktu bagi PT Koba Tin untuk menyelesaikan reklamasi hingga 2,5 tahun kedepan diharapkan dapat dilakukan secara maskimal.

"Status terakhir pertambahan waktu 2,5 tahun ini harus 100 persen direklamasi, sekarang ini baru 30 persen," katanya.

Ia meminta, agar PT Koba Tin tidak hanya mengejar luasan reklamasi saja, tapi juga kualitas reklamasi dan sosial ekonominya program paska tambang.

"Pelibatan masyarat lebih aktif,  ada pengawasan lebih intensif hasil reklamasi dan aset. Kami ingin Koba Tin menuntaskan dalam waktu 2,5 tahun target tuntas 100 persen. Diperpanjang ada juga permohonan penggunaan APL dalam rangka pembangunan daerah," ujarnya.

Ia menyebutkan, pemerintah daerah Bangka Tengah sempat menyurati pihaknya untuk memanfaatkan lahan ini, namun pihaknya belum mendapat gambaran jelas tentang pemanfaatan lahan.

"Kita tidak tau apakah ada perubahan rencana reklamasi, tapi kita sedang minta Koba tin menyediakan data dan informasi yang kita pakai untuk mengukur rencana 2,5 tahun dan yang sudah diselesaikan," katanya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)
 

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved