Video: Ini Rahasia Kebun Duku Marzuki Bisa Berbuah Setahun 4 Kali

Biasa pohon duku berbuah setahun sekali ataupun setahun dua sekali, tapi di kebunnya ini bisa berbuah setahun 4 kali.

BANGKAPOS.COM  -- Marzuki, petani durian unggul khas Pulau Bangka, warga Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Babel selain menanam durian di kebunnya, juga lebih dulu menanam sekitar 50-an pohon duku di kebunnya.

 "Pohon duku ini saya tanam lebih dulu daripada durian unggul. Alhamdulillah pohon duku saya ini bisa berbuah 4 kali dalam setahun," kata Marzuki, Minggu (13/01/2019) di kebunnya.

Diakuinya, biasa pohon duku berbuah setahun sekali ataupun setahun dua sekali, tapi di kebunnya ini bisa berbuah setahun 4 kali.

"Ini memang ada rahasianya, kita perlu merawat pohon duku ini antara semua lumut-lumut yang menempel di duku harus dibersihkan," ujarnya.

Dilanjutkannya, usai panen duku seluruh pohon duku harus dipupuk dengan baik.

 "Saat memetik buah duku sebaiknya tangkai buah duku jangan ikut dipetik, tapi dibiarkan tetap menempel di batang pohon, sebab tangkai ini akan memancing tumbuhnya calon tangkai buah yang baru," ungkapnya.

 Ditambahkannya, waktu melakukan panen buah duku jangan dilakukan pada pagi hari, sebaiknya duku dipanen diatas pukul 09.00 WIB atau setelah tidak ada lagi embun.

 "Kalau panen duku terlalu pagi dikhawatirkan buahnya akan pecah-pecah sendiri. Apalagi saat turun hujan dan pohon basah sebaiknya jangan memanen buah duku," tukasnya

 Dilanjutkannya, harga buah duku saat ini di tingkat petani sekitar Rp 12.000 sampai Rp 15.000 per kg.

 "Kalau dijual di pasar saat ini sekitar Rp 20.000 per kg," ujarnya. 

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved