BUMDes Sinar Panca Desa Cit Terbaik se Babel, Begini Sektor Usahanya

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sinar Panca di Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka menjadi yang terbaik

BUMDes Sinar Panca Desa Cit Terbaik se Babel, Begini Sektor Usahanya
(IST/Kades Cit H Ardani)
Kepala Desa Cit, H Ardani dan Direktur BUMDes Irawan menerima piagam dan bonus dari pemerintah daerah terkait anugera sebagai BUMDes terbaik se Kabupaten Bangka dan se Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sinar Panca di Desa Cit Kecamatan Riausilip Bangka menjadi yang terbaik.

Badan usaha ini mendapat dua penghargaan, masing-masing dari Pemprop Babel dan Pemkab Bangka.

Berikut terobosan yang telah dan bakal dilakukan badan usaha ini menurut Kepala Desa (Kades) Cit, H Ardani kepada Bangka pos, Jumat (18/1/2019).

"Alhamdulillah kinerja BUMDea Sinar Panca Desa Cit mendapat piagam dan bonus sebesar Rp 10 Juta. Prestasi terbaik se Propinsi Babel, yaitu kategori BUMDes Berkembanng se Babel," kata Kades Cit, H Ardani alias Haji Dani kepada Bangka pos, Jumat (18/1/2019).

Penyerahan piagam dan bonus sudah diterima Direktur BUMDes, Irawan dan Kades Cit H Ardani, bulan lalu. Piagam dan bonus diserahkan langsung oleh Gubernur Babel, Erzaldi Roesman Djohan.

"Saya sangat bangga atas keberhasilan tersebut, dimana atas kerja keras Direktur BUMDes Cit dan anggota," katanya.

Berbagai usaha digeluti oleh BUMDes ini, antara lain usaha kebun kelapa sawit seluas 9 hektar, usaha sewa tenda kursi, usaha photo copy, usaha simpan pinjam bagi masyarakat untuk usaha kecil dan berbagai usaha lainnya.

"Yang lebih membanggakan ke esokan harinya setelah menjadi juara se propinsi, BUMDes kami kembali mendapat anugerah yaitu dinobatkan sebagai juara terbaik dari Pemkab Bangka. Piagam penghargaan dan bonus uang diserahkan asisten bupati kepada Direktur BUMDes," katanya.

Kades mengaku akan mempertahankan citra terbaik ini. Oleh karenanya, BUMDes akan menunjukan geliat usaha pengelolaan dana yang ada agar menjadi lebih berkembang.

"Untuk masalah kebun sawit dalam waktu dekat kami akan MoU (kerjasama) dengan perusahaan sawit yang ada di Desa Cit, berupa penambahaan areal kebun seluas 15 hektare," katanya.

Bahkan rencananya jika disetujui BPD Desa Cit dan masyarakat setempat, sejumlah keuntungan BUMDes nantinya akan dialokasikan untuk keperluan rehab atau pembangunan masjid di tiga dusun desa setempat.

"Satu hal kelebihan BUMDes kami, sudah punya mobil sendiri melalui pembelian kredit untuk mendukung usaha tenda kursi. Bagi masyarakat yang tidak mampu jika sakit kami antar menggunakan mobil ini tanpa biaya alias gratis," kata Kades seraya menyebutkan, keberadaan BUMDes ikut membuka lapangan kerja bagi warga. (Bangkapos/ferylaskari)

Tags
BUMDes
Penulis: ferylaskari
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved