Ahmadi Sopyan: Santri 'Zaman Now' Harus Pandai Mengaji dan Berani Berkreasi

Santri-santri zaman now harus pandai mengaji dan berkreasi. Selain itu, bantuan beasiswa juga harus diberikan untuk melanjutkan

Ahmadi Sopyan: Santri 'Zaman Now' Harus Pandai Mengaji dan Berani Berkreasi
Bangkapos
Ahmadi Sopyan bersama santri pondok pesantren 

BANGKAPOS.COM--Budayawan yang juga seorang penulis, Ahmadi Sopyan mengungkapkan bahwa santri 'zaman now' harus pandai mengaji dan berani berkreasi dengan karya.

Santri-santri pesantren saat ini akan menghadapi tantangan global persaingan industri 4.0.

Maka santri harus memiliki berbagai talenta agar bisa bersaing dengan sumber daya manusia lainnya di era ekonomi baru saat ini.

"Santri-santri zaman now harus pandai mengaji dan berkreasi.

Selain itu, bantuan beasiswa juga harus diberikan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan minat dan bakatnya," ujar Ahmadi Sopyan saat ditemui di Pangkalpinang.

Ahmadi mengakui masih banyak santri-santri di daerah yang masih terkendala soal pembiayaan. Padahal, santri-santri ini dinilai mempunyai prestasi.

"Masih banyak santri-santri berprestasi di daerah kita yang terkendala biaya pendidikan dan akhirnya minat dan bakat mereka terkubur oleh keadaan," katanya.

Lebih lanjut, Ahmadi Sopyan yang juga mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Babel ini juga mengusulkan, perlu adanya pengembangan sebuah unit usaha di pesantren.

Hal tersebut digagasnya agar ekonomi pesantren, menguatkan ekonomi umat serta menjadi wadah santri praktek berwirausaha.

"Pesantren dan madrasah harus ada sentra ekonomi, yakni adanya unit usaha yang dimiliki pesantren atau madrasah.

Pengelolaannya harus profesional dan pemerintah berkewajiban membantu permodalan," pungkasnya.(*)

Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved