Ketua KPU Bangka Sesalkan Ada Caleg Perbaiki Berkas saat Detik Terakhir

Ada beberapa partai politik yang cepat dan ada juga yang lambat dalam merespon perbaikan persyaratan caleg.

Ketua KPU Bangka Sesalkan Ada Caleg Perbaiki Berkas saat Detik Terakhir
bangkapos/nurhayati
Kegiatan evaluasi tahapan pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Bangka Pemilu 2019, yang dilaksanakan KPU Kabupaten Bangka, Sabtu (19/1/2019) di Ruang Meeting Hotel ST 12 Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM -- Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka M Hasan mengatakan, dalam pencalonan calon legislatif (caleg) ada beberapa partai politik yang cepat dan ada juga yang lambat dalam merespon perbaikan persyaratan caleg.

Kondisi ini diakuinya menjadi ujian tersendiri bagi pihaknya sebagai penyelenggara Pemilu 2019 karena harus menunggu para caleg melalui parpolnya melapor perbaikan persyaratan pencalonan.

"Kami mengapresiasi kawan-kawan yang cepat merespon begitu diumumkan bahwa ada kekurangan caleg yang harus di lengkapi tetapi ada juga yang lambat. Di injury time baru datang didetik-detik terakhir, datang pun tak lengkap berkasnya," sesal Hasan ketika membuka evaluasi tahapan pencalonan Anggota DPRD Kabupaten Bangka Pemilu 2019, Sabtu (19/1/2019) di Ruang Meeting Hotel ST 12 Sungailiat.

Diakuinya, walaupun tagline KPU melayani dengan baik tetapi pihaknya juga berkejaran dengan waktu karena ada tahapan dan jadwal yang tidak boleh dilanggar.

"Apabila kami langgar kena pidana ada konsekuasinya yang harus ditanggung sebagai penyelenggara," jelas Hasan.

Oleh karena itu menurutnya, harus ada kerjasama antara KPU dengan para caleg melalui partai politiknya dan taat dengan aturan.

Dia bersyukur untuk para caleg dari Kabupaten Bangka yang akan memperebutkan kursi DPRD tidak ada yang didiskualifikasi ikut pemilu pada 17 April 2019 nanti.

"Hanya satu partai politik memang yang tidak mencalonkan tidak ada calegnya, dari 16 partai politik di Kabupaten Bangka hanya ada 15 partai politik yang ada calegnya," ungkap Hasan. (BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved