Korasima : Komunitas Radio yang Asah Keterampilan Bebicara di Depan Umum

Berbeda dari mahasiswa teknik lainnya, mereka memanfaatkan waktu istirahat untuk berkumpul dan menggali

Korasima : Komunitas Radio yang Asah Keterampilan Bebicara di Depan Umum
Bangkapos/Yudha Palistian
?Komunitas Radio Mahasiswa Manufaktur dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Korasima) dalam diskusi bersama. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dengan latar belakang tumbuh serta mengenyam pendidikan di daerah, yang jauh dari hiruk-pikuk ibukota Negara serta sehari-hari menggunakan bahasa daerah.

Bukan berarti menjadi dasar alasan untuk kekurangan dalam berbahasa Indonesia yang baik serta menutup diri untuk terampil dalam berbicara didepan umum atau pola public speaking yang benar.

Hal tersebut disadari dan dimanfaatkan Korasima, yakni Komunitas Radio Mahasiswa Manufaktur dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Berbeda dari mahasiswa teknik lainnya, mereka memanfaatkan waktu istirahat untuk berkumpul dan menggali ilmu dalam hal dunia broadcasting radio, public speaking serta keterampilan berbicara didepan umum.

Wakil Direktur III Polman Timah Bidang Kemahasiswaan, Husman, mengutarakan awal dibentuknya Korasima merupakan wadah untuk mahasiwa serta turut mempromosikan Polman Timah,

tetapi seiringnya berjalannya waktu akan dikembangkan lagi sehingga komunitas ini bisa bersaing dengan radio-radio lainnya di Bangka dan menjadi wadah yang efektif, Rabu (9/1/2019).

Senada dengan itu, Ketua Korasima, Ervina Sugianti, mengatakan berdirinya sejak tahun 2014 lalu serta anggota yang sudah bergabung sekitar 30 orang dari berbagai jurusan.

“Harapan kami kedepannya semoga Korasima lebih baik serta ilmu yang sudah kami pelajari bisa diterapkan dalam kehidupan nyata maupun bersosialisasi terhadap lingkungan,” paparnya kepada Bangkapos.

Meskipun mereka bersekolah dengan dasar ilmu teknik serta di daerah, tidak menyurutkan niat mereka untuk menyerap ilmu terbukti setiap rabu usai perkuliahan,

mereka berkumpul untuk berdiskusi bersama serta saling menyerap ilmu agar kedepannya bisa bersaing terhadap dunia luar yaitu era modernisasi.

Tak hanya itu, Pembina Korasima, Ocsirendi, menambahkan bahwa keterampilan berbicara didepan umum di era globalisasi seperti sekarang sangat dibutuhkan apalagi untuk presentasi, dunia kerja dan sebagainya.

Oleh karena itu, korasima merupakan wadah yang cukup baik untuk mengasah itu semua dengan efektif.

Untuk itu, sedikit tips untuk berbicara didepan banyak orang yaitu tanamkan rasa percaya diri, latihan diberbagai kesempatan, serta terus asah kemampuan yang dimiliki agar pola berbicara tertata dengan rapi dan benar. (Bangkapos/Yudha Palistian)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved