45 Persen Harga Tiket Pesawat Ditentukan Harga Avtur

Harga fuel (bahan bakar) menentukan 45 Persen harga tiket pesawat, biaya leasing atau sewa ini kita bayar dalam bentuk dolar sedangkan yang kita

45 Persen Harga Tiket Pesawat Ditentukan Harga Avtur
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Branch Manager Garuda Pangkalpinang, Solpa Puji Harsagi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Branch Manager Garuda Pangkalpinang, Solpa Puji Harsagi mengatakan, penentuan harga tiket pesawat didasarkan pada beberapa indikator diantaranya ialah bahan bakar, operasional, maintenance dan lainnya.

"Harga fuel (bahan bakar) menentukan 45 Persen harga tiket pesawat, biaya leasing atau sewa ini kita bayar dalam bentuk dolar sedangkan yang kita terima belum bentuk rupiah, maintenance juga menjadi salah faktor penentu harga tiket pesawat," kata Puji usai menghadiri pertemuan stakeholder penerbangan di ruang rapat Tanjung Pesona, Selasa (22/1/2019).

Ia menyebutkan, komponen penentu harga tiket pesawat ini juga kadang kala harganya fluktuatif seperti bahan bakar. Hal inilah yang menyebabkan ketidakstabilan harga tiket pesawat.

"Harganya nomral kita starting di Rp 1.050.000, tapi ini biaya operasional berubah tergantung kurs rupiah, tergantung disampaikan biaya aftur cenderung berubah," sebutnya.

Pihaknya, akan menindaklanjuti hasil pertemuan ini dengan pusat.

"Kita tidak diam, kita terima masukan terkait harga tiket pesawat ini, apa yang menjadi pembahasan hari ini akan kita sampaikan ke pusat," ujarnya.

Perwakilan dari Pertamina, Junaidi mengatakan untuk aftur atau bahan bakar pesawat perubahannya per dua minggu sekali dan nilai kontraknyan sudah ditentukan oleh pusat.

"Terkait dengan bahasan tarif harga tiket tinggi mungkin aftur, pusat yang menentukan harga aftur dua minggu sekali berubah dan setiap harga aftur masing" airlines ada harga kontrak di pusat.  Kami tidak bisa menentukan harga karena ini pusat," katanya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved