Ini Kata Wakil Ketua Bamperda Pangkalpinang Terkait Raperda Izin Penebangan Pohon

Perda ini nantinya akan menjadi dasar kami melakukan agenda dan penganggaran perawatan hingga penanaman pohon baru di Kota Pangkalpinang

Ini Kata Wakil Ketua Bamperda Pangkalpinang Terkait Raperda Izin Penebangan Pohon
Bangka Pos / Dedy Qurniawan
Rio Setiady 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Wakil Ketua Badan Pembentukan Perda (Bamperda) DPRD Pangkalpinang Rio Setiady membeberkan kenapa penebangan pohon harus diatur dalam peraturan daerah. Perda dibutuhkan untuk manajemen perawatan hingga penanaman pohon di ibukota.

"Perda ini nantinya akan menjadi dasar kami melakukan agenda dan penganggaran perawatan hingga penanaman pohon baru di Kota Pangkalpinang," kata Rio di DPRD Pangkalpinang, Selasa (22/1/2019).

Nantinya, kata Rio, jumlah pohon di Pangkalpinang akan didata.

"Memang dari judulnya, agak aneh, penebangan pohon harus ada perda. Regulasi ini dibuat agar penebangan pohon ini terencana jauh-jauh hari.

Jangan sampai pohon-pohon di sekitaran Pangkalpinang ini tidak terdata, bahaya jika pohon-pohon tersebut, apalagi saat musim angin kencang, dan kita tidak punya data pohon. Ini bahaya kalau tidak direncanakan jauh hari kapan harus menebang dan kapan harus merawatnya;" kata Rio

Perda juga dibutuhkan untuk menyesuaikan kondisi hari ini di mana Pangkalpinang harus mengejar cakupan 30 persen kawasan terbuka hijau.

"Selama ini penebangan pohon ini pasif, reaktif, ketika pohon itu sudah tumbang, sudah menjadi masalah," katanya

Perawatan pohon-pohon yang akan diatur di antaranya adalah pohon-pohon yang ada di ruas jalan protokol atau jalan utama di dalam Kota Pangkalpinang.

"Kami berharap pemkot memantau sekaligus mendata bahwa pohon-pohon ini, ini kan makhluk hidup, suatu saat akan mati, kami ingin keberadaan pohon ini dimanfaatkan tetapj tidak memunculkan bahaya," katanya.

Dinas Perkim juga diminta menyediakan hotline sebagai saran bagi warga jika menemukan pohon yang berpotensi akan roboh atau tumbang.

"Teknisnya akan diatur dalam perda tersebut nantinya," kata dia. (BANGKAPOS.COM / dedyqurniawan)

Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved