Untuk Turunkan Harga Tiket Pesawat Angkasa Pura Siap Berikan Diskon Jasa Kebandarudaraan

Kita berkomitmen, kalau memang perlu misalnya diskon landing fee, kita coba demi kepentingan bersama supaya tiket yang turun

Untuk Turunkan Harga Tiket Pesawat Angkasa Pura Siap Berikan Diskon Jasa Kebandarudaraan
Bangka Pos/Krisyanidayati
Ekskutif General Manager Angka Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Chuanda. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ekskutif General Manager Angka Pura II  Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Chuanda mengatakan mengatakan terjadi penurunan penumpang dan pergerakan pesawat pada periode 1-20 Januari 2019 dibandingkan tahun 2018, sebagai dampak dari melonjaknya harga tiket pesawat.

Chuanda menjelaskan penurunan penumpang ini tidak hanya terjadi di Bandara Depati Amir, namun juga di 15 bandara lainnya yang dikelola Angkasa Pura. 95.534

"Kalau dibandingkan 1-20 januari periode yang sama penurunan pergerakan pesawat -18,7 persen, untuk penumpang -20,98 persen.

Januari 2018 penumpang 120.891, sedangkan tahun 2019 sebanyak 95.534 orang, ini trend negatif penurunan," kata Chuanda, dalam pertemuan bersama dengan stakeholder terkait di ruang rapat Tanjung Pesona, Selasa (22/1/2019).

Ia menyebutkan, terkait harga tiket pesawat ini pihaknya telah membahas dengan komunitas bandara dan dari sisi kebandarudaraan hanya memberikan kontribusi 5 persen dari harga tiket pesawat.

"Kami sering membahas ini, selain BUMN kami juga dituntut untuk profit. Ada beberapa yang mempengaruhi harga tiket pesawat jasa kebandarudaraaan, operasional airlines dan navigasi.

Kami dari jasa kebandarudaraaan setelah diidentifikasi hanya memberikan kontribusi 5 persen dari peningkatakan harga tiket," ujarnya.

Chuanda menyebutkan, beberapa item yang berkaitan dengan jasa kebandarudaraaan diantaranya landing fee, control check in dan lainnya.

Jika memang perlu adanya diskon terhadap pelayanan jasa kebandarudaraaan pihaknya siap melakukan untuk menurunkan harga tiket pesawat.

"Kita berkomitmen, kalau memang perlu misalnya diskon landing fee, kita coba demi kepentingan bersama supaya tiket yang turun dan daerah tumbuh.

Kami akan bantu apa yang jadi kewenangan kami, semua instruksi jajaran direksi kamu harus kami evaluasi," katanya.

Jumlah penumpang di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sepanjang 2018 meningkat 5 persen dibandingkan tahun 2017 lalu.

"Untuk Bandara Depati amir pertumbuhan 2018 peningkatkan 5 persen tercatat per 31 des jumlah penumpang  2.173.000 orang, tahun 2017 sebanyak 2.050.000 oramg, artinya ekonomi di Babel tumbuh," katanya. (BANGKAPOS/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved