33 Mahasiswa IAIN SAS Babel Penelitian di Kota Kapur

Hadirnya mereka mungkin sedikit berbeda dengan mahasiswa pada umumnya. Biasanya mahasiswa yang menginap

33 Mahasiswa IAIN SAS Babel Penelitian di Kota Kapur
ist/dok.humas iain sas babel
Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester 3 Tahun 2019 IAIN SAS Babel yang melakukan penelitian foto bersam dengan aparatur Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 33 mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Semester 3 Tahun 2019 Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Sidik (IAIN SAS) Babel, melakukan studi lapangan penelitian kualitatif di Desa Kota Kapur,Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka.

Kegiatan ini sebagai wujud dari Tri Dharma perguruan tinggi yang kedua,yakni penelitian.

Dalam penelitian ini para mahasiswa terlibat langsung dengan masyarakat Desa Kota Kapur selama 8 hari dari tanggal 13-19 Januari 2019.

Tema yang diangkat “Pendidikan Anak Keluarga Petani dan Non Petani”.

Dinar Pratama,M.Pd selaku dosen pengampu menyampaikan, kegiatan ini bentuk dari taktik untuk memperkenalkan metode penelitian kualitatif pada mata kuliah metode penelitian.

“Insya Allah kegiatan ini juga akan menjadi rutinitas dan juga dalam komponen di akhir perkuliahannya dengan melakukan praktik untuk menguatkan pemahaman mahasiswa,” ujar Dinar dalam rilis Humas IAIN SAS Babel, Rabu (23/1/2019).

Menurut Dinar, kegiatan ini dilatarbelakangi untuk pengembangan mahasiswa dalam mengetahui perbedaan kedua pendekatan antara kuantitatif dan kualitatif.

“Selain itu sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, berupa kontribusi baik  secara pemikiran maupun materil untuk pembangunan desa tersebut,” tukas Dinar.

“Yang paling penting juga pengalaman praktis untuk mahasiswa terkait dengan kompetensi pada mata kuliah metode penelitian dan ini bisa menjadi output yang nantinya dalam bentuk laporan,

artikel atau karya ilmah dan mahasiswa bisa lebih paham terkait dengan bagaimana mengambil dan mengolah data,” tutup Dinar.

Halaman
12
Penulis: Herru W
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved