H Keling Sulap Lahan Eks Rawa dan Sawah Jadi Kebun Hortikultura

Sejumlah pekerja di kebun tanaman Hortikulura milik Andi Kusuma alias H Keling, di kawasan desa Kepoh, Kecamatan Toboali, hilir mudik memanen

H Keling Sulap Lahan Eks Rawa dan Sawah Jadi Kebun Hortikultura
bangka pos / Anthoni Ramli
Kebun tanaman Hortikulura milik Andi Kusuma alias H Keling, di kawasan desa Kepoh, Kecamatan Toboali 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sejumlah pekerja di kebun tanaman Hortikulura milik Andi Kusuma alias H Keling, di kawasan desa Kepoh, Kecamatan Toboali, hilir mudik memanen, Rabu (23/1/2019) siang

Silih berganti, tanaman hortikultura seperti gambas, mentimun, labu madu diangkut ke pondok. Begitu juga dengan melon, yang menjadi salah satu komoditi andalan di kebun seluas satu hektar lebih tersebut.

Hamparan serta gundukan, gambas, mentimun, melon dan labu madu memenuhi bantaran bagian depan pondok yang juga menjadi tempat tinggal pekerja kebun.

Selain memanen, pekerja juga terlihat sibuk menimbang dan mempacking hasil panen sore itu. Sementara sang istri, tampak sibuk menghitung jumlah packing dan pesanan para konsumen.

Kepada harian ini H Keling, menceritakan ide awal dirinya menggeluti bisnis tanaman hortikultura tersebut, setelah melihat keberhasilan ketua APDESI Basel, Sahir.

Sahir yang saat ini tercatat sebagai kepala Desa Gadung, dinilai berhasil membudidayakan tanaman hortikulutra. Padahal tadinya H Keling berfikir tekstur tanah dan iklim Bangka Belitung tidak cocok untuk tanaman hortikultura.

" Awalnya saya melihat prospek yang dikembangkan bang Sahir. Tadinya saya pikir tidak bisa ternyata, tanah bekas rawa dan sawah ini juga bisa dikembangkan untuk tanaman hortikultura," ujar H Keling ditemui dari lokasi kebun nya, Rabu (23/1/2019) sore. 

(Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved