Musim Hujan Akhir Januari, Waspadai 14 Lokasi Rawan Bencana di Indonesia Termasuk Bangka Belitung

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara nasional mengungkapkan prakiraan cuaca untuk hari ini waspadai lokasi rawan bencana alam.

Musim Hujan Akhir Januari, Waspadai 14 Lokasi Rawan Bencana di Indonesia Termasuk Bangka Belitung
mkg.go.id
BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan di sebagian wilayah Indonesia dalam periode tiga hari ke depan. 

BANGKAPOS.COM - Puncak musim hujan diprediksi akan terjadi di akhir Januari 2019, ada 14 titik lokasi rawan bencana alam.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) secara nasional mengungkapkan prakiraan cuaca untuk Rabu (23/1/2019), waspadai lokasi rawan bencana alam.

Mengutip dari berbagai sumber pada Rabu (23/1/2019), musim hujan saat ini telah melanda sebagian besar wilayah di Indonesia sehingga menjadi lokasi rawan bencana alam.

Selain hal tersebut beberapa wilayah juga akan dilanda hujan disertai petir pada Rabu (23/1/2019).

Ilustrasi prakiraan cuaca - Awan hitam memayungi Kota Malang terlihat di atas Kampung Tridi, Kelurahan Kesatrian, Kota Malang, Sabtu (25/11/2017). Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi malang menghimbau warga untuk waspada pertumbuhan awan konvektif yang menimbulkan cuaca ekstrim yang berdampak merugikan masyarakat seperti hujan intensitas lebat, badai, guntur dan angin kencang.
Ilustrasi prakiraan cuaca - Awan hitam memayungi Kota Malang terlihat di atas Kampung Tridi, Kelurahan Kesatrian, Kota Malang, Sabtu (25/11/2017). Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi malang menghimbau warga untuk waspada pertumbuhan awan konvektif yang menimbulkan cuaca ekstrim yang berdampak merugikan masyarakat seperti hujan intensitas lebat, badai, guntur dan angin kencang. (Tribunnews.com SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO)

BMKG juga menghimbau agar masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem berupa angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia.

Pasalnya, BMKG melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) di Jakarta Tengah memonitor adanya tida bibit badai tropis di dekat wilayah Indonesia.

Satu bibit badai tropis yang saat ini berada di laut Timor (94S) berpotensi meningkat menjadi siklon tropis dalam tiga hari ke depan.

Hal ini dikaitkan Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo dalam siaran pers yang diunggah akun Twitter Humas BMKG, @InfohumasBMKG, Selasa (22/1/2019).

Bibit badai tropis ini mengakibatkan cuaca ekstrem berupa angin kencang yang dapat mencapai di atas 25 knot atau yang dikenal dengan puting beliung di beberapa wilayah Indonesia.

Fenomena langit mirip pusaran angin terbentuk di wilayah Bandungan, Kabupaten Semarang, Senin (19/12/2016) pagi
Fenomena langit mirip pusaran angin terbentuk di wilayah Bandungan, Kabupaten Semarang, Senin (19/12/2016) pagi (Istimewa/fb Ricko Kalkulus Diskrit)

Berikut 14 wilayah yang bakal mengalami cuaca ekstrem berupa angin kencang:

  1. Riau
  2. Kep. Riau
  3. Jambi
  4. Sumatera Selatan
  5. Bangka Belitung
  6. Banten
  7. DKI Jakarta
  8. Jawa Tengah
  9. Jawa Timur
  10. Bali
  11. NTB
  12. NTT
  13. Sulawesi Tenggara
  14. Sulawesi Selatan
Halaman
1234
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: TribunStyle.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved