Bahar Buasan: Pendidikan Harus Jadi Prioritas Kerja Pemerintah Agar Angka Putus Sekolah Menurun

Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2017/2018, tingkat putus sekolah di Babel sudah mencapai level mengkhawatirkan.

Bahar Buasan: Pendidikan Harus Jadi Prioritas Kerja Pemerintah Agar Angka Putus Sekolah Menurun
Bangka Pos
Bahar Buasan: Pendidikan Harus Jadi Prioritas Kerja Pemerintah Agar Angka Putus Sekolah Menurun 

BANGKAPOS.COM -- Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2017/2018, tingkat putus sekolah di Babel sudah mencapai level mengkhawatirkan. Tercatat, SD ada 207 anak, jenjang SMP 394 anak, tingkat SMA dan SMK berjumlah 578 anak yang putus sekolah.

Bahar Buasan menilai kondisi tersebut memunculkan persoalan baru, karena di era globalisasi dibutuhkan SDM yang mampu bersaing dan memiliki keahlian memadai sehingga memberikan sumbangsih terhadap peningkatan kualitas kehidupan.

“Ironis sekali, bila di Babel masih ada anak putus sekolah, apalagi jika karena alasan biaya, sama sekali tidak bisa dibenarkan. Karena masa depan daerah ini tergantung generasi mudanya,” kata Bahar Buasan.

Oleh karena itu, lanjut Bahar, dalam kondisi bagaimanapun juga anak-anak harus sekolah. Sebab merekalah yang mampu menjawab tantangan zaman kedepan.

“Untuk itu, Saya imbau pemerintah daerah untuk menjadikan sektor pendidikan menjadi skala prioritas kebijakan yang harus dilaksanakan, kita tidak boleh lagi berwacana, tetapi harus bertindak. Salah satunya melalui pendidikan gratis 12 tahun yang merata di seluruh wilayah Babel," kata Bahar Buasan.

Senator kelahiran Babel itu mengajukan solusi berupa pemberian kemudahan akses kepada murid kurang mampu serta pendampingan lanjutan bagi murid yang putus sekolah.

"Memberikan akses lebih mudah kepada masyarakat kurang mampu, sehingga menekan angka putus sekolah serendah mungkin. Dengan pendidikan yang baik, anak-anak akan tumbuh menjadi generasi yang berkualitas dan memberi perubahan serta manfaat terhadap peningkatan dirinya sendiri dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” lanjutnya.

Bahar Buasan menyatakan, pendidikan merupakan pilar kehidupan. Sebab tanpa pendidikan, kesenjangan sosial akan semakin melebar.

“Jika Babel mau maju, mau tidak mau pendidikan harus baik. Untuk itu kita harus mendorong baik melalui sosialisasi kepada orang tua, atau masyarakat, agar anak-anak mau bersekolah dan tidak berhenti," pungkasnya.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved