Gelombang Laut Tinggi, Akitvitas Nelayan di Ketapang Sepi

untuk sekarang aktivitas nelayan masih sepi karena kondisi cuaca yang kurang menentu, masih musim barat. Diperkirakan kondisi ini

Gelombang Laut Tinggi, Akitvitas Nelayan di Ketapang Sepi
Bangkapos/irakurniati
Kapal-kapal nelayan yang bersandar di dermaga Ketapang, Kamis (24/1/2019) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gelombang laut tinggi dan kondisi cuaca ekstrem di wilayah Pangkalpinang dan sekitarnya, beberapa hari terakhir, berdampak pada menurunnya aktivitas melaut para nelayan di kawasan ketapang, Kecamatan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Kamis (24/1/2019).

Tampak sejumlah kapal nelayan bersandar di dermaga dan sepinya aktivitas yang terjadi di kawasan ini.

Kasat Polairud Polres Pangkalpinang, Iptu Durman Siregar, mengatakan, aktivitas melaut nelayan menurun sekitar sepekan terakhir lantaran kondisi gelombang laut yang tinggi.

Meski ada beberapa kapal yang masih tetap melaut, ini dikarenakan kapal tersebut memiliki kekuatan kapal diatas 30 GT hingga 75 GT.

"untuk sekarang aktivitas nelayan masih sepi karena kondisi cuaca yang kurang menentu, masih musim barat. Diperkirakan kondisi ini akan normal pada bulan maret nanti." jelas Iptu Durman, Kamis (24/1/2019).

Dia menuturkan, kapal-kapal nelayan lokal yang berukuran kecil, tetap mampu beraktivitas namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh ke tengah laut.

"tetap bisa cari ikan tapi jarak Mil nya tidak begitu jauh. Paling pergi pagi pulangnya sore." sambungnya.

Kondisi gelombang tinggi di perairan saat ini, dia telah memberi imbauan kepada nelayan lokal untuk tidak memaksakan diri melaut sampai kondisi normal kembali.

Dikhawatirkan keselamatan para nelayan saat gelombang tinggi menghantam, kekuatan kapal yang digunakan tidak mampu bertahan.

Pasalnya, kapal nelayan lokal yang biasanya digunakan untuk mencari ikan kerisi, hapau dan sejenisnya, hanya berukuran kecil dan dibawah 35 GT.(Bangkapos/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: tidakada016
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved