Petugas Bersihkan Jalan Kenanga, Angkut 15 Truk Sampah

Tumpukan sampah membusuk ini menebarkan aroma tak sedap yang membuat warga sekitar dan pengguna jalan merasa tak nyaman.

Petugas Bersihkan  Jalan Kenanga, Angkut 15 Truk Sampah
pos belitung
Satgas kebersihan membersihkan sampah di Jalan Kenanga, Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan, Kamis (24/1/2019). 

Laporan wartawan Pos Belitung, Adelina Nurmalitasari

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Petugas kebersihan mengangkut sampah yang menumpuk di seputaran Jalan Kenanga, Kelurahan Paal Satu, Tanjungpandan. Tumpukan sampah membusuk ini menebarkan aroma tak sedap yang membuat warga sekitar dan pengguna jalan merasa tak nyaman berada di lokasi itu.

Maka, satgas kebersihan yang dipimpin Koordinator Lapangan, Sumarno dan Kabid Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Rustam membersihkan sampah di lokasi itu yang dimulai pukul 9.30 WIB. Namun hingga pukul 16.00 WIB, sampah yang menumpuk tak kunjung habis dibersihkan.

"Semuanya ini (sampah-red) diperkirakan ada 15 truk. Paling hari ini ada tujuh truk dulu yang dibersihkan, sisanya akan segera kami bersihkan lagi pekan ini," kata Sumarno kepada Pos Belitung, Kamis (24/1).

Ia menambahkan, sebenarnya lokasi ini bukan tempat pembuangan sampah (TPS). Namun karena lahan kosong yang tak termanfaatkan tersebut membuat warga sering membuang sampah di lokasi tersebut.

"Diimbau pada masyarakat, terutama pada pemilik lahan supaya dibersihkan tempatnya jadi tidak ada yang membuang sampah di lokasi ini," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Sumarno, peningkatan volume sampah memang terjadi. Pada 2018 pihaknya bahkan harus mengangkut sampah rutin hingga 13 truk per hari. Padahal pada 2017 hanya 10 truk tiap harinya.

Dirinya pun berharap masyarakat lebih peduli dengan kebersihan dan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Baca selengkapnya di edisi cetak Harian Pos Belitung edisi Jumat, 25 Januari 2019. (*)

Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: tidakada010
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved