Video : Tidak Semua Perkara Dipublikasikan

Masyarakat umum sekarang dengan mudah memperoleh informasi seputar persidangan perkara perdata, pidana maupun perkara pidana khusus

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sejak diundangkan Undang-Undang (UU) Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik adalah salah satu produk hukum Indonesia yang dikeluarkan dalam tahun 2008 dan diundangkan pada tanggal 30 April 2008 dan mulai berlaku dua tahun setelah diundangkan.

Seiring itu pula, sejumlah lembaga atau intansi di negara Indonesia pun kini mulai memberikan pelayanan informasi bagi kepentingan publik meski ada kriteria tertentu atau batasan informasi yang disampaikan, seperti halnya informasi seputar persidangan perkara/kasus baik perdata, pidana umum maupun pidana khusus justru masyarakat (publik) dengan mudah memperoleh informasi persidangan sejumlah perkara tertentu.

"Masyarakat umum sekarang dengan mudah memperoleh informasi seputar persidangan perkara perdata, pidana maupun perkara pidana khusus yang dipersidangkan khususnya di Pengadilan Negeri Pangkalpinang ini dengan cara membuka website resmi pengadilan kita," kata Humas Pengadilan PHI/Tipikor Pangkalpinang Kelas I, Hotma EP Sipahutar SH MH ditemui di gedung pengadilan setempat, Kamis (24/1/2019).

Website resmi Pengadilan PHI/Tipikor Pangkalpinang Kelas IB dimaksudnya yakni; sipp.pn-pangkalpinang.go.id, dengan membuka website masyarakat umum dapat mengetahui jelas perjalanan atau proses perkara/kasus yang dipersidangkan di pengadilan setempat.

Namun ditegaskan ia lebih lanjut, ada sejumlah perkara tertentu yang memang tidak bisa diketahui oleh masyarakat/publik lantaran sejumlah perkara itu memang sesuai aturannya tidak diperbolehkan dipublikasikan.

"Perkara apapun jenisnya itu namun perlu kami ingatkan khusus untuk perkara yang menyangkut anak, perceraian dalam perdata terus perkara asusila itu kita tidak publikasikan," terangnya.

(Bangka Pos/Ryan A Prakasa)

Tags
Tipikor
Penulis: ryan augusta
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved