Warga Pendatang di Desa Penyak Terdeteksi Malaria

Eva menambahkan, bahwa Kecamatan Koba, saat ini sudah terbebas dari penyakit malaria, atau eliminasi malaria.

Warga Pendatang di Desa Penyak Terdeteksi Malaria
bangkapos.com/Fery Laskari
Warga RT 006 Dusun Damai Desa Karyamakmur Kecamatan Pemali Bangka, Minggu (14/2/2016) melaksanakan acara gotongroyong. Warga membersihkan saluran air di Jl Batintikal untuk mengantisipasi berkembangnya jentik nyamuk demam berdarah malaria. 

BANGKAPOS.COM--Kepala Puskesmas Koba, Eva Fidia mengatakan pada tahun 2018 terdapat satu penderita Malaria, berada di Desa Penyak, namun menurutnya warga yang menderita itu merupakan pendatang.

"Dari laporan, kasus tahun 2018 malaria ada satu kasus di desa Penyak, pasien berasal dari Jebus, penderitanya usia 24 tahun, tetapi perlu diperhatikan, ini merupakan kasus impor, dia orang Palembang bekerja TI, ketika sakit berkunjung ke Penyak, kemudian berobat diperiksa dinyatakan positif malaria," jelas Eva kepada wartawan, Kamis (24/1/2019).

Eva menambahkan, bahwa Kecamatan Koba, saat ini sudah terbebas dari penyakit malaria, atau eliminasi malaria.

"Karena dari tahun 2017 tidak ada kasus malaria, hanya ada pada 2018 kemarin, dan tahun ini juga belum ada di temukan," lanjutnya.

Dari kasus tersebut, ia menambahkan bahwa si penderita, telah pulang ke daerah asalnya, dan pihak Puskesmas juga telah melakukan pelaporan terhadap temuan kasus tersebut.

"Saat itu dia langsung balik ke Palembang, karena ia mengatakan temen dia sudah dua meninggal karena malari, selanjutnya kita laporkan ke dinas kesehatan Provinsi, setelah beberapa minggu kita lihat tidak ada kasus baru, artinya tidak ada memang, bahwa benar itu murni bukan berasal dari sini," lanjutnya.

Ia menambahkan, bahwa selama ini pihak Puskesmas Koba, selalu berupaya untuk melakukan edukasi dan menerangkan terkait kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit malaria.

"Kita terus melakukan upaya penyuluhan ke masyarakat, untuk berusaha meningkatkan kesadaran untuk terus menjaga kesehatan,tetapi ini bukan tugas kesehatan saja, tetapi harus ada bentuk kemandirian masyarkat untuk peduli dengan menjaga lingkungan," tegasnya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved